Kemenkominfo Bidik Kemunculan Unicorn Baru

19 August 2019 - by

Kementerian Komunikasi dan Informatika membidik kemunculan perusahaan-perusahaan rintisan baru (startups) di Tanah Air hingga mencapai status unicorn. Untuk itu, Kemenkominfo menggelar program Ignite The Nation, Ahad (18/8).

"Tidak hanya memfasilitasi, kami ingin akselerasi adanya unicorn melalui ekosistem. Semua startup yang sudah unicorn ikut. Bagaimana kita membuat unicron berikutnya," kata Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, saat pembukaan Ignite The Nation di Stadion Istora Senayan, Ahad.

Rudiantara menyatakan perusahaan-perusahaan rintisan memang telah terdapat di Indonesia, terutama yang memanfaatkan teknologi digital. Namun, dia berharap para pelaku startup dapat melalui tahapan-tahapan yang baik sehingga mampu mendapatkan modal dan terus berkembang sebagaimana unicorn yang kini dimiliki Indonesia.

Ignite The Nation merupakan bagian dari Gerakan National 1000 Startup Digital yang diprakarsai Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk mendorong pertumbuhan perusahaan rintisan di Indonesia. Ignite The Nation bertema "Sumber Daya Digital Millenial Unggul, 1000 Inovasi Digital - Indonesia Maju" itu bertujuan mengobarkan semangat ekonomi digital yang bertepatan dengan peringatan hari kemerdekaan 17 Agustus.

Wakil Presiden Jusuf Kalla (tengah) didampingi Menkominfo Rudiantara (kedua kanan), Menteri Keuangan Sri Mulyani (kanan) dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (ketiga kiri) meluncurkan Ignite the Nation-Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Satu Indonesia di Istora Senayan, Jakarta, Ahad (18/8/2019). (ANTARA)

Gerakan masif itu juga berusaha memantik rasa patriotisme generasi milenial yang telah akrab dengan dunia digital agar membangkitkan mimpi besar yang dapat memberikan solusi dan inovasi bagi bangsa. Ignite The Nation yang berlangsung di Stadion Istora Senayan mulai pukul 09.00 WIB hingga 16.00 WIB itu ditargetkan dihadiri oleh 8.000 peserta.

Penyelenggaraan itu menjadi kegiatan pembukaan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital 2019 dengan konsep baru, sedangkan rangkaian acara lainnya akan berlangsung di 10 kota lain di Indonesia. Tahapan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital terbaru kini terdiri dari Ignition, Workshop, Hacksprint, Bootcamp dan Incubation.

Berita Terkait

Berita Lainnya