Komparasi Toyota Kijang Innova Zenix vs Wuling Almaz Hybrid, Harga Mirip!

30 November 2022 - by

Uzone.id - Dalam waktu yang hampir bersamaan, dua pabrikan meluncurkan mobil hybrid-nya masing-masing. Ada Toyota dengan Kijang Innova Zenix dan Wuling dengan Almaz hybrid.

Menariknya, kedua mobil hybrid ini punya banderol yang mirip-mirip, meski secara keseluruhan, harga Wuling Almaz lebih murah.

Advertising
Advertising

Pun begitu soal akomodasi, jenis mobil dan juga usungan fitur-fiturnya pun mirip-mirip. Sama-sama bermesin 2.000cc, bisa muat 7 penumpang dan juga punya atap panoramic.

Nah, mari kita bandingkan kedua mobil ini, siapa yang lebih menarik untuk dibeli:

BACA JUGA: Hasil Tes Wuling Almaz Hybrid di Sirkuit E-Prix Ancol

Eksterior

Wuling begitu tegas dengan sosok SUV pada Almaz, sementara Toyota bermain aman dengan menyulap MPV-nya jadi sebuah SUV ala-ala alias crossover.

Keduanya punya tampailan yang gahar, meski menurut kami Wuling Almaz sedikit lebih futuristis.

Kalau kalian mau mobil yang benar-benar punya tampilan SUV, sepertinya lebih cocok pada Wuling Almaz, sementyara kalau mau MPV bergaya crossover, maka Kijang Innova Zenix lah padanannya.

Selain itu, ground clearance Kijang Innova Zenix tercatat 185 mm. Sementara jika ground clearance Almaz Hybrid berada di atas 200 mm.

Interior

Kedua mobil ini sama-sama bisa menampung tujuh penumpang di dalam kabinnya. Selain itu, pada atapnya juga sama-sama punya panoramic sunroof.

Menariknya, Toyota Kijang Innova Zenix ada yang menyediakan opsi captain seat dengan ottoman pada tipe tertinggi, sementara Almaz Hybrid hanya kursi berjenis biasa.

Tapi setiap kursi juga sudah mendapatkan head rest untuk kenyamanan yang lebih baik. Termasuk bagian tengah yang bisa dialihfungsikan menjadi armrest, bahkan ditemukan pada bangku baris ketiga.

Perbedaan lainnya terdapat pada tipe head unit yang ditawarkan. Almaz Hybrid mengandalkan tipe portrait yang kekinian, layaknya model Tesla. Dibandingkan dengan head unit berukuran 10 inci yang ditemukan pada Innova Zenix edisi tertinggi.

Fitur

Urusan head unit juga cukup seru. Konektifitas smartphone sudah menjadi standar. Toyota bahkan menambahkan fitur T-Intouch yang bisa mengintegrasikan mobil dengan pengemudi.

Namun, Almaz juga gak kalah dengan fitur perintah suara bahasa Indonesia-nya dan fitur Internet of Vehicle yang sudah menjadi ciri dari pabrikan China ini.

Toyota juga punya fitur perintah suara, malah ini yang pertama ada di Indonesia, yakni perintah suara untuk membuka tutup pintu bagasi. Sedangkan Almaz, hanya berupa power back door electric.

Dan urusan layar, Toyota masih menambahkan dua layar intertaintment di belakang, sepasang untuk penumpang baris kedua di kiri dan kanan.

Kemudian, kedua mobil ini juga sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan aktif. Wuling punya Advanced Driver Assist (ADAS), sementara Innova Zenix HEV menggunakan generasi terbaru sistem Toyota Safety Sense 3.0.

BACA JUGA: Perdana di Dunia, Inilah Dia Toyota Kijang Innova Zenix

Mesin

Sama-sama menggunakan mesin berkapasitas 2.0 liter, mesin naturally aspirated dengan Atkinson cycle milik Almaz Hybrid mampu menghasilkan tenaga maksimal 176 PS dengan torsi puncak 320 Nm. Disandingkan dengan transmisi Dedicated Hybrid Transmission (DHT).

Sementara mesin M20A-FXS yang digunakan pada Innova Zenix HEV menghadirkan tenaga gabungan mencapai 186 PS dan torsi 187 Nm dan tambahan dari motor listrik sebesar 206 Nm, berpadu dengan transmisi e-CVT.

Toyota mengungkapkan bahwa model hybrid dengan penggunaan mesin generasi terbaru mampu mengurangi konsumsi BBM Innova Zenix Hybrid sebesar 50 persen. Sementara konsumsi BBM Wuling Almaz Hybrid terpantau bisa mendapatkan 19 km/liter dengan mudah.

Harga

Jika dibandingkan dengan Innova Zenix, harga Wuling Almaz Hybrid jauh lebih terjangkau dengan beragam fitur yang ditawarkan. Wuling membanderol Almaz seharga Rp470 jutaan dan hanya tersedia 1 varian saja.

Sementara untuk mendapatkan semua spesifikasi dan fitur pada Toyota Kijang Innova Zenix, harus merogoh kocek mencapai Rp601 juta.

Kalau mau harganya yang mirip-mirip dengan Wuling Almaz, tersedia Toyota Kijang Innova Zenix tipe 2.0 G HV yang dibanderol Rp458 juta.

VIDEO Test Drive Suzuki Baleno Facelift: