Lebih dari 20 Ribu Peserta Jamnas Sudah Terdaftar

26 July 2016 - by

Kurang dari satu bulan lagi, pelaksanaan Jambore Nasional ke X akan dimulai di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur 14-21 Agustus 2016. Segala sesuatunya tengah dipersiapkan oleh pihak panitia penyelenggara, termasuk jumlah peserta Jamnas yang ditargetkan 25 ribu orang.

Sekretaris Panitia Pelaksana Jamnas X, Kak Aris Yudha mengungkapkan, untuk persiapan peserta sejauh ini sudah ada lebih dari 20 ribu pramuka penggalang yang terdaftar sebagai peserta.

“Informasi terakhir yang sudah terdaftar lebih 20 ribu peserta dari 34 Kwartir Daerah. Mereka ‎mendaftar secara online melalui situs resmi jamborenasional.com,” ungkap Kak Aris di Cibubur, Jumat (22/7/2016).

Kak Aris memastikan, jumlah peserta akan terus bertambah sehingga mencapai target 25 ribu. Ia mengakui ada beberapa kendala di sejumlah daerah yang kesulitan untuk mendaftar secara online, karena sulitnya akses internet.

“Ada beberapa Kwarda yang meminta dilakukan pendaftaran manual seperti di wilayah Papua karena sulitnya internet di sana. Kita akan tetap menerima mereka,” tuturnya.

Namun, secara keseluruhan Kak Aris menyatakan, pihak panitia sudah siap 100 persen untuk menyelenggarakan Jamnas. Hal ini kata dia, dengan ditandai adanya simulasi pra Jamnas yang diadakan 19-23 Juli di Cibubur dengan melibatkan 500 pramuka penggalang.

“Tentu evaluasi sarana dan prasana akan terus kita lakukan agar persiapan jauh lebih baik,” ucapnya.

Selain itu, Kak Aris menegaskan pada saat Jamnas berlangsung tidak ada perlakukan yang berbeda antara peserta dari dalam negeri dan luar negeri. Sebab, Jamnas kali ini akan dihadiri lebih dari 225 peserta luar negeri dari enam negara. ‎

‎”Semua berbaur menjadi satu dengan konsep kegiatan yang sama,” jelasnya.

Terakhir Kak Aris berpesan kepada adik-adik pramuka yang akan mengikuti Jamnas untuk mempersiapkan fisik dan mental, sehingga pada saatnya nanti mereka bisa menikmati Jamnas dengan penuh kegembiraan. “Karena Jamnas hanya akan diikuti oleh pramuka penggalang seumur hidupnya,” tandasnya.‎‎