Lebih Suka iPhone, Gen Z Malu Punya Ponsel Android

pada 1 tahun lalu - by

Uzone.id— Persaingan antara iOS dan Android memang tak ada habisnya. Apalagi keduanya terus memberikan inovasi masing-masing agar terlihat makin canggih.

Temuan terbaru dariThe Financial Timesmengungkapkan kalau anak-anak kelahiran 1996-2012 atau Gen Z malu dan takut dikucilkan jika tidak memiliki smartphone iPhone.

Di Amerika Serikat sendiri, pengguna iPhone di kalangan Gen Z mencapai persentase 34 persen, sedangkan salah satu merk populer Android hanya menyumbang sekitar 10 persen saja.

Baca juga:Tecno Rilis Spark Go 2023, Ponsel Sejutaan yang ‘Mirip’ iPhone 14

Dikutip dariGizchina, pengguna iPhone yang diwawancarai menyatakan bahwa iMessage adalah salah satu alasan utama mereka menggunakan iPhone.

Gara-gara hal ini, pengguna yang memiliki ponsel Android akan kelihatan saat mengirim pesan grup percakapan di iMessage.

Banyak anak muda di AS memilih iPhone dibanding Android karena takut didiskriminasi gara-gara ‘bubble hijau’ milik Android saat menggunakan aplikasi perpesanan, sedangkan pengguna iPhone akan muncul dengan ‘bubble biru’.

Baca juga: 10 Smartphone Murah untuk Main Game, Mulai Rp2 Jutaan Doang

Tak hanya di AS, perusahaan peneliti Canalys mengatakan kalau di Eropa, sebanyak 83 persen pengguna iPhone adalah anak-anak muda berusia di bawah 25 tahun. Mereka berencana akan terus menggunakan iPhone ke depannya.

Laporan dariFinancial Timesmenyoroti dampak sistem operasi Apple terhadap anak-anak generasi muda cukup besar, dimana anak-anak muda gengsi untuk menggunakan ponsel selain iPhone.

Di Indonesia sendiri, belum ada laporan soal fenomena perilaku anak-anak muda terhadap smartphone iOS atau Android, namun tak menutup kemungkinan tren ini akan hadir juga menyusul saat ini sudah banyak oknum yang menjual iPhone dengan ‘harga murah’ demi memenuhi kebutuhan pengguna di Indonesia.