Lenovo ThinkPad Z13 dan Z16, Laptop Premium Berbahan Daur Ulang

17 March 2023 - by

Uzone.id - Duo laptop premium diboyong Lenovo ke Indonesia, yakni Lenovo THinkPad Z13 dan ThinkPad Z16. Keduanya bukan cuma dilengkapi spesifikasi high-end, fitur berlimpah, dan desain yang mewah, tapi juga dibuat menggunakan material daur ulang.

Benny Effendi selaku 4P dan SMB Manager Lenovo Indonesia, Lenovo ThinkPad Z13 dan Z16 dibangun menggunakan bahan aluminium daur ulang. Khusus untuk ThinkPad Z13, bagian belakangnya memakai kulit vegan yang juga dibuat dari material daur ulang.

Advertising
Advertising

Bukan cuma laptopnya saja, adaptor charger dari laptop terbaru Lenovo tersebut menggunakan 90 persen post-consumer content. Kemasannya pun sama sekali tak menggunakan plastik, melainkan 100 persen terbuat dari bambu dan tebu yang bisa didaur ulang dan dapat dikomposkan.

“Ini pertama kalinya kita menawarkan perangkat yang mengutamakan sustainability,” katanya saat peluncuran Lenovo ThinkPad Z13 dan Z16 di Indonesia.

 

Baca Juga :

Hands-on Laptop Gaming Powerful dari Asus, ROG Strix SCAR 16 & 18
 

 

Lenovo ThinkPad Z13

Perbedaan paling kentara dari kedua laptop ini adalah ukuran layarnya. Lenovo ThinkPad Z13 mengusung layar seluas 13,3 inci dengan dua jenis panel. Untuk resolusi 2,8K menggunakan panel OLED, sementara bagi varian dengan resolusi Full HD menggunakan panel IPS LCD. 

Ada pula opsi layar sentuh ataupun tidak untuk laptop ini. Layarnya punya aspek rasio 12:10 yang luas, dan di sekelilingnya terdapat bezel yang begitu ramping, sehingga rasio layar terhadap bodinya pun begitu tinggi mencapai 91,6 persen.

Fitur lain dari layar laptop ringkas ini adalah sertifikasi DOlby Vision, low blue-light, hingga kecerahan sampai 400 nits.

 

Baca Juga :

Spek PC yang Kuat Buat Main The Last of Us Part 1
 

 

Sementara Lenovo ThinkPad Z16 punya layar 4K untuk panel OLED dan Full HD+ untuk panel layar berjenis IPS LCD. Ukurannya 16 inci, dan sudah mendukung input sentuhan jari juga.

Ditenagai AMD Ryzen Pro

Lenovo ThinkPad Z16

Baik Lenovo ThinkPad Z13 dan Z16 sama-sama ditenagai prosesor AMD Ryzen Pro, U-Series untuk Z13 dan H-Series untuk Z16. Lenovo ThinkPad Z13 ditenagai prosesor AMD Ryzen 7 Pro 6860Z dengan kartu grafis integrated AMD Radeon 680M.

Chipset tersebut dipadukan dengan RAM up to 32 GB berjenis LPDDR5-6400 dan penyimpanan internal seluas 1 TB dengan drive berjenis SSD M.2 PCIe Gen 4.

Lenovo ThinkPad Z13 ditopang oleh baterai dengan kapasitas 50 Wh yang dapat diisi dengan fast charging 65W. Semua spesifikasi high-end tersebut dijejalkan pada bodinya yang seberat 1,26 kg saja.

Sementara Lenovo ThinkPad Z16, laptop terbaru nan bongsor dengan berat nyaris 2 kg ini disokong oleh prosesor AMD Ryzen 7 Pro 6850H. 

Prosesor ini punya kartu grafis terintegrasi AMD Radeon 680M, dan untuk model tertingginya dimaksimalkan dengan kartu grafis discrete AMD Radeon RX6500M 4 GB GDDR6.

 

Baca Juga :

Review HP Envy x360 13: Laptop untuk Work From Anywhere
 

 

Kapasitas RAM-nya hingga 32 GB berjenis LPDDR5-6400 dengan penyimpanan SSD PCIe Gen 4 hingga 2 TB. Kapasitas baterai laptop ini lebih besar mencapai 70 Wh dan sudah didukung Rapid Charge juga.

Fitur lain Lenovo ThinkPad Z13 dan Z16

Lenovo ThinkPad Z16

Keduanya sama-sama dilengkapi WiFI 6E dan 4G LTE CAT 16, Bluetooth 5.2, sudah berjalan di sistem operasi Windows 11 Pro, dan dilengkapi sistem keamanan berlapis seperti Microsoft Pluton Security Processor. 

Keduanya pun dibekali speaker stereo yang dimaksimalkan dengan Dolby Atmos dan Dolby Voice. Buat webcam, kualitasnya mencapai Full HD dan dilengkapi fitur eShutter.

 

Baca Juga :

Gak Pake Ribet, Booking Servis Laptop Lenovo Bisa Lewat WhatsApp
 

 

Ciri khas ThinkPad tetap diberikan, yakni TrackPoint berwarna merah yang memungkinkan pengguna untuk membuka Quick Menu untuk mengakses berbagai pengaturan, seperti kamera dan mikrofon. 

Harga dan ketersediaan

Lenovo ThinkPad Z13 tampil dalam pilihan warna dan material Black Recycled Vegan Leather dengan Bronze Aluminium, Arctic Grey Recycled Aluminium, dan Black Recycled Aluminium.

Sementara itu, untuk Lenovo ThinkPad Z16 cuma punya satu pilihan warna, Arctic Grey Recycled Aluminium saja.

Lenovo ThinkPad Z13 dijual di Indonesia dengan harga mulai dari Rp 38.845.000, sedangkan ThinkPad Z16 dibanderol dengan harga Rp 43.740.000. Belum disebutkan kapan pastinya penjualan perdana dari laptop ini. Lenovo hanya menyebut, keduanya bakal tersedia mulai Maret 2023.