Masalah Kamera iPhone 14 Pro Kelar dengan iOS 16.0.2

26 September 2022 - by

Uzone.id - Baru juga diluncurkan, iPhone 14 Pro dan Pro Max sudah bermasalah lagi. Malah, masalah yang dialami pengguna adalah fitur utama yang diagung-agungkan Apple, yakni sektor kamera. Bagaimana bisa?

Beberapa waktu lalu, banyak pengguna melaporkan kamera iPhone 14 Pro bergoyang ketika menggunakan kamera dengan aplikasi pihak ketiga, seperti Instagram, Snapchat dan TikTok. 

Advertising
Advertising

Penyebabnya, lantaran sistem sensor-shift OIS (optical image stabilization) yang terganggu dan tak berfungsi saat pengguna membuka kamera di aplikasi pihak ketiga.

Ketika pengguna mengakses fitur kamera di aplikasi non-Apple, konten yang diambil malah blur dengan noise yang bikin kualitas foto menjadi buruk.

Baca juga: Dibakar Sampai Dibengkokkan, iPhone 14 Tetap Nyala!

Untungnya, Apple langsung gerak cepat. Raksasa teknologi asal Cupertino itu langsung merilis update iOS 16.0.2 yang memperbaiki bug kamera tersebut.

Selain masalah kamera, ada beberapa isu yang diperbaiki oleh update OS ini, seperti layar yang tiba-tiba hitam ketika pengguna mengatur pertama kali perangkatnya. 

Lalu fitur copy-paste antar aplikasi yang selalu menampilkan permission mengganggu kepada pengguna. Update iOS 16.0.2 pun menyelesaikan masalah layar yang tak responsif pada iPhone X, iPhone XR dan iPhone 11 usai diganti layarnya.

Spesifikasi kamera iPhone 14 Pro

iPhone 14 Pro Series disertai dengan spesifikasi kamera yang jauh lebih baik dari sebelumnya, bahkan dari iPhone 14 dan 14 Plus sekalipun. 

Baca juga: Spesifikasi dan Harga iPhone 14, 14 Plus, 14 Pro dan 14 Pro Max

Smartphone ini punya kamera utama 48MP dengan sensor-shift OIS yang dipasangkan dengan kamera tele 12MP dengan OIS yang bisa memperbesar gambar secara optik sampai 3 kali dan kamera ultrawide 12MP yang turut dipasangkan dengan ToF 3D LiDAR untuk foto bokeh yang ciamik.

Apple mengklaim, kamera 48MP pada iPhone 14 Pro menggunakan skema pengambilan gambar quad-sensor. Dengan teknologi ini, empat piksel digabungkan menjadi 1 piksel berukuran besar, sehingga menghasilkan foto di resolusi 12MP dengan detail dan warna yang bermutu tinggi.