Melissa Siska Juminto, ‘Mother of Dragons’ yang jadi Bos Baru Tokopedia

21 February 2023 - by

Uzone.id – Awal tahun ini, e-commerce raksasa di Indonesia Tokopedia menunjuk CEO baru Melissa Siska Juminto untuk menggantikan pimpinan lama mereka, William Tanuwijaya.

Sementara itu, William sendiri akan mengemban jabatan baru sebagai Chairman Tokopedia sekaligus Co-Chairman di GoTo bersama Garibaldi Thohir.

Jabatan CEO ini akan diserahkan langsung mulai Februari 2023 ini kepada Melissa, dimana ia sendiri bukan orang baru di Tokopedia. Melissa yang merupakan lulusan University of Washington ini sudah bergabung semenjak 2012 silam.

Advertising
Advertising

Tak hanya menjadi wanita karir yang sukses, Melissa juga seorang ibu dari 3 anak. Tak heran kalau William menyebutnya sebagai Mother of Dragons karena dedikasinya untuk pekerjaan dan keluarga.

Baca juga: UMKM Wajib Tahu, Ini 5 Tips Jualan Online agar Tak Langgar HKI

“Mel selalu diingat sebagai hati nya perusahaan. Tidak peduli apapun krisisnya, Mel selalu hadir disana, memberikan pesan bahwa tidak ada yang sedang berjuang sendiri –  kita ini sedang berjuang sama-sama, dalam suka maupun duka,” kata William dalam unggahannya.

Lantas, seperti apa sih profil hingga perjalanan bos baru Tokopedia ini? Yuk simak berikut ini.

Melissa Siska Juminto lahir pada tahun 1988 lalu, sedari kecil ia mengenyam pendidikan di luar negeri dimana semenjak usianya 6 tahun ia telah bersekolah di Singapura.

Karena ketertarikannya di bidang teknologi dan sains, Melissa bersekolah di Temasek Polytechnic Singapura jurusan Business Information Technology pada tahun 2004.

Ia kemudian melanjutkan studi ke Shoreline Community College dengan jurusan Administration Business hingga tahun 2008, berlanjut ke University of Washington dengan jurusan Accounting & Information System hingga 2010.

Di tahun 2012, Melissa bergabung dengan Tokopedia dan menjadi karyawan ke-44 serta menjadi akuntan perusahaan satu-satunya kala itu.

Baca juga: GoTo Ajak UMKM Amankan Data Pribadi Pelanggan

Di 2015, ia kemudian dipercaya menjadi vice president of business Tokopedia dan menjabat kurang lebih selama 7 tahun 8 bulan. Ia juga menjadi Managing Director/Chief of Staff Tokopedia di 2016 dan selang 2 tahun kemudian ia menjadi COO atau Chief Operating Officer Tokopedia.

Dari awal bergabung hingga saat ini, Melissa telah menjadi karyawan Tokopedia selama lebih dari 11 tahun. Tak hanya di Tokopedia, ia juga menjabat sebagai Chief Human Resources Officer di GoTo, perusahaan induk Tokopedia dan Gojek.

Ia berhasil meraih penghargaan selama bekerja di Tokopedia, salah satunya sebagai Most Extraordinary Women Business Leaders. Berkat kerja keras dan kontribusinya, Tokopedia juga berhasil meraih penghargaan seperti Indonesia E-Commerce Awards 2016 dan Indonesia Netizen Brand Choice Awards 2017.