Meluncur di IIMS 2023, Harga Suzuki Grand Vitara Gak Akan ‘Mahal’

06 February 2023 - by

Uzone.id - Suzuki sedang bersiap untuk meluncurkan SUV terbarunya yang menggunakan nama yang sudah melegenda di Indonesia, yakni Grand Vitara. Menariknya, DNA Suzuki sebagai produsen mobil-mobil dengan harga terjangkau akan tetap dipertahankan.

Artinya, harga Suzuki Grand Vitara nantinya tetap gak akan ‘mahal’. Memang, sejauh ini belum ada informasi resmi terkait estimasi harga jual Grand Vitara.

Advertising
Advertising

Namun, sejumlah perbincangan kami dengan internal Suzuki Indonesia berhasil mengungkap, kalau SUV reborn ini akan dihargai dengan kisaran Rp300 - Rp400 juta.

BACA JUGA: Yamaha Luncurkan Grand Filano, Suzuki Avenis Menangis

“Dipastikan dibawah Rp500 juta, jauh lah. Suzuki tetap ingin menawarkan sebuah mobil yang tangguh, canggih, tapi harganya tetap terjangkau. Segmen kita bukan mobil-mobil ‘mahal’,” ujar sang sumber yang enggan disebut namanya.

Sektor mesin jadi yang paling bikin penasaran pada SUV terbaru Suzuki ini. Di India, Grand Vitara ditawarkan dalam dua pilihan mesin.

Pertama adalah mesin 1.5L Intelligent Electric Hybrid yang punya efisiensi bahan bakar cukup baik yakni 27,97 km/liter. Mesin ini menyajikan tiga pilihan model berkendara seperti EV, Eco, Power, dan Normal.

Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 115,56 PS pada 5.500 rpm dan torsi 136,8 Nm pada 4.400 rpm, berpadu dengan transmisi e-CVT.

Satu lagi mesin 1.5 K-Series Dual Jet, Dual VVT with Progressive Smart Hybrid. Mesin ini sudah dilengkapi dengan fitur Brake Energy Regenaration and Torque assist dan juga Idle Stop Start. Kombinasi tersebut membuat konsumsi bahan bakar lebih efisien yakni 21,11 km/liter.

Diprediksi, mesin K series ini yang akan diboyong ke Indonesia. Apalagi, di Tanah Air sudah ada pendahulunya yang menggunakan mesin ini, yakni Suzuki Ertiga. Meski pada sisi teknologi ada sejumlah perbedaan.

Baca juga: Skutik Honda Cuma Rp13 Jutaan Resmi Diluncurkan!

Fitur keamanannya, Suzuki Grand Vitara di India dilengkapi dengan 6 airbag, Electronic Stability Program with Hill Hold Assist, 3-Point ELR seat Belt, Rear Disc Brake, Hill Descent Control, hingga Tyre Pressure Monitoring System.

Sayang, demi harga jualnya yang terjangkau, Suzuki belum juga menghadirkan fitur keselamatan seperti ADAS, atau Honda Sensing, atau Toyota Safety Sense di mobil-mobil barunya.

Kalau Grand Vitara sudah punya fitur tersebut, maka image kalau Suzuki ketinggalan dalam hal teknologi, bisa terbantahkan.