Mengerikan! Modifikasi Toyota Innova Monster Bertenaga 600 Hp!

19 October 2022 - by

Uzone.id - Kalian bisa membayangkan, bagaimana rasanya sebuah mobil keluarga sekelas Toyota Innova punya semburan tenaga mencapai 600 Hp? 

Seorang pengusaha di Lampung bernama Aska, berhasil menyulap Toyota Grand Innova tahun 2015 miliknya menjadi sebuah monster jalanan. Seluruh sektor modifikasi dijamah, dengan memfokuskan pada aspek fungsional dan estetika.

Advertising
Advertising

Istilah cumi-cumi darat begitu melekat di mobil ini. Begitu membuka kap depan, sebongkah mesin berkode 1KD-FTV menggusur mesin 2KD-FTV.

BACA JUGA: Koleksi 'Mobil Laki' Irjen Teddy Minahasa

Dari spesifikasi standar, mesin milik Toyota Land Cruiser Prado, Fortuner, atau Hilux ini sebenarnya terbilang sudah bertenaga. 

Konfigurasi mesin 4 silinder common rail berkapasitas 3.0 L tersebut sudah dilengkapi turbo VGT dan intercooler. Ada alasan tersendiri mengapa banyak modifikator mengandalkan mesin berkapasitas 3.000 cc tersebut. 

Selain bandel, keberlimpahan part aftermarket di pasaran jadi pertimbangan. Kemudian, mesin ini bisa duduk sempurna tanpa mengubah engine mounting lagi.

Turbo bawaan mesin diganti satu set turbo buatan Greddy f55 pro hybrid dilengkapi custom piping dan intercooler flex sebagai pendigin udara sebelum masuk ke ruang mesin dan pemasangan Tial mv-r external wastegate.

BACA JUGA: Wuling Mini EV Cabrio Dijual Rp180 Jutaan, Sudah Dipesan 150 Ribu Unit

Aska juga melakukan stroker up dari MRX Innova-nya ini untuk menambah kapasitas mesin hingga mencapai 3.200 cc. Peranti penting lain dari MRX diantaranya piston, conrod, dan valve spring.

Selebihnya, sektor mesin mendapat dukungan part performa seperti nozzle Denso 70 psi, comonrail byp, head stud byp, dan tak ketinggalan optimalisasi kerja transmisi hingga pemasangan Nitro Oxide System (NOS).

Dari keterangan Aska, dikutip Uzone.id dari NMAA, mesin tersebut kini dapat menghasilkan tenaga mencapai 600 HP (on crank) dan torsi 1.000 Nm. Goks!

Spesifikasi teknis mesin Toyota Innova modifikasi:

-Swap 1KD-FTV

-Stroker up mrx 3200cc

-Piston mrx

-Conrod phc

-Valve spring mrx

-Retainer mrx

-Packing byp

-Head stud byp

-Nozzle denso 70psi

-Stroker pump

-Custom 2rotor pump

-Commonrail byp

-Intercooler flex

-Custom piping

-Atf coller mishimoto

-Oil cooler mishimoto

-An fitting full by flex

-Turbo greddy f55 pro hybrid made thailand

-Tial mv-r external wastegate

-Custom header

-Carbon kevlar head cover & timing

-Porting & polish by w.r garage

-Custom radiator tucked by w.r garage

-Wire tucked by w.r garage

-Dry nitrous

-Purge nos

-Transmission modified

-etc

-600hp ++ on crank

-1000nm