Menteri Luhut: Saat Ini, 19 Juta UMKM Sudah Go Digital

02 September 2022 - by

Uzone.id - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan sebanyak 19 juta UMKM sudah masuk ke ranah digital saat ini. 

Perkembangan UMKM dengan memanfaatkan teknologi ini sejalan dengan target Presiden Joko Widodo yang menginginkan 30 juta usaha mikro, kecil dan menengah go digital.

Advertising
Advertising

“Pandemi juga telah mempercepat transformasi digital di Indonesia, di pemerintah dan sektor usaha mikro sampai usaha besar,” ungkapnya dalam acara AWS Cloud Day Indonesia 2022, Kamis, (01/09) lalu.

Foto: AWS Cloud Day Indonesia 2022, Kamis, (01/09)

 

Untuk mencapai target presiden tersebut, Luhut mengatakan akan terus bersinergi dengan kementerian terkait untuk mendorong digitalisasi ini, termasuk dengan melibatkan inisiatif Bangga Buatan Indonesia untuk UMKM.

“Jika Indonesia sukses merealisasikan program digitalisasi ini, maka kontribusi digital akan mencapai 10 persen dari GDP pada tahun 2025, yaitu Rp2,2 triliun,” tambahnya.

Melihat peningkatan UMKM yang go digital dan juga pengguna media sosial terbanyak di dunia, tentunya cloud menjadi fasilitas pendukung yang sangat penting. 

Baca juga: Garut Bersiap Jadi Smart City, Rangkul UMKM Go Digital

“Maka dari itu teknologi digital jadi kesempatan yang baik untuk meningkatkan produktivitas di berbagai sektor dan mendorong pertumbuhan ekonomi,” ujar Luhut.

Dengan kehadiran data center AWS (Amazon Web Service) di Indonesia, ia juga mengatakan bahwa pemerintah, swasta, dan masyarakat bisa memanfaatkan teknologi cloud untuk berinovasi menciptakan layanan dan produk teknologi baru di semua sektor.

“Kemajuan Indonesia tidak bisa diraih berkat kerja keras pemerintah saja, tetapi kontribusi kita masing-masing, dan digitalisasi berperan penting dalam memajukan negara yang kita cintai ini,” tutupnya.