Mereka Bukan Kreator Biasa di Tokopedia, Mereka Pahlawan Bantu Lawan Corona

13 April 2020 - by

Ilustrasi logo Tokopedia (Foto: Dok Tokopedia)

Uzone.id - Dokter dan petugas medis merupakan garda terdepan untuk menyembuhkan pasien virus Corona atau Covid-19 yang tengah mewabah di Indonesia. Merekalah pahlawan sejati saat ini.

Ketika dokter dan petugas medis menjadi pahlawan di garda terdepan, kita pun bisa menjadi pahlawan untuk mencegah penularan pandemi ini meluas di tanah air. Bahkan bisa dari hal kecil yang kita lakukan.

Advertising
Advertising

Seperti dr soap dan Herborist, beberapa diantaranya. Para kreator lokal produk kesehatan di Tokopedia ini ternyata berperan aktif melawan Covid-19.

dr soap dan Herborist di Tokopedia (Foto: Uzone.id)

Tidak hanya berjuang memutar roda perekonomian digital, mereka juga merasa memiliki tanggung jawab sosial untuk terus meningkatkan produksi demi memenuhi kebutuhan masyarakat akan produk kesehatan, terutama di tengah pandemi ini.

dr Soap

Sejak tahun 2015, Eunike Selomith dan Joycellynne Stefanie -- dua perempuan bersaudara sekaligus Founder dr soap asal Surabaya -- selalu berupaya mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya menjaga kebersihan diri.

Melalui dr soap, Eunike dan Stefanie memperkenalkan rangkaian produk antiseptik untuk perawatan harian dan kebutuhan rumah tangga yang mampu membantu mengeliminasi bakteri.

Varian produk dr soap meliputi cairan pembersih gadget, sanitizer pembersih dudukan toilet, cairan antibakteri penyegar kain, cairan antiseptik, disinfektan multifungsi, deterjen cair premium dan sabun cuci tangan.

Beberapa produk dari dr soap (Foto: Dok Tokopedia)

Ini menariknya, produk dr soap terbuat dari bahan nabati yang diracik dengan bahan premium pilihan di laboratorium, namun ramah lingkungan dan dikemas secara menarik.

“Setiap produk dr soap aman untuk digunakan oleh siapapun, termasuk ibu hamil atau orang dengan kulit sensitif. Produk kami juga sudah bersertifikasi halal, tidak mengandung SLS, NLS, EDTA dan paraben serta memiliki nomor Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga (PKRT) di Kementerian Kesehatan RI,” cerita Eunike.

Melihat usaha dr soap memang tidak mudah, karena dihadapkan dengan sederet tantangan. Salah satunya ditolak berbagai ritel offline dan pameran karena produk pembersih premium termasuk dalam kategori bisnis yang tidak umum.

Akan tetapi, tidak menyurutkan integritas dan tekad dua pemiliknya. Eunike dan Stefanie akhirnya menemukan berbagai peluang kolaborasi, termasuk bergabungnya dr soap sebagai Official Store di Tokopedia untuk mendapatkan pangsa pasar yang lebih luas.

Platform online, menurut Eunike, bisa menjadi rumah bagi siapa saja yang ingin menciptakan peluang. Nama dr soap kini sudah menjangkau Papua dan bahkan mancanegara.

Seiring dengan perkembangan bisnis Eunike dan Stefanie, pada tahun 2019, Engelin Rosafina dan Lani Natalia bergabung sebagai Partner dr soap untuk mendirikan perusahaan distribusi.

Dengan menggandeng puluhan mitra distributor dan pengecer, dr soap kini tersebar lebih dari 500 ritel offline dan online di seluruh Indonesia.

Tidak bisa dipungkiri, sejak wabah Covid-19 ini meluas, kesadaran masyarakat untuk hidup sehat dan higenis pun meningkat.

“Cairan pembersih gadget, hand sanitizer atau cairan antiseptik dan pembersih multifungsi termasuk beberapa produk dr soap yang paling banyak dicari masyarakat belakangan ini,” ujar Eunike.

Sadar akan pentingnya produk seperti dr soap ini untuk menghalau bakteri dan virus, mereka juga memikirkan dari sisi kemanusian, dengan berkolaborasi dengan lembaga kemanusiaan dan organisasi perkumpulan dokter, untuk menyalurkan bantuan berupa produk hand sanitizer kepada sejumlah instansi kesehatan dan masyarakat luas yang membutuhkan.

Baca juga: Setop Program Ramadan Ekstra, Tokopedia Fokus Lawan Covid-19

“Kami terus mengeksplorasi peluang kerja sama dengan berbagai instansi, besar maupun pemula, untuk memudahkan pengadaan produk sanitasi. Harapannya, kami dapat menggencarkan produksi sesuai kebutuhan sehingga dapat membantu masyarakat menjaga kesehatan dan kebersihan di tengah pandemi Covid-19,” tambah Eunike.

Herborist

Lain lagi kisah dari Herborist. Bermula dari usaha distribusi kosmetik, toiletries dan parfum yang dirintis sejak 1998, CEO PT Victoria Care Indonesia, Billy Hartono Salim melihat kebutuhan masyarakat yang tinggi akan produk kosmetik, toiletries dan parfum.

Pada tahun 2001, Billy memutuskan untuk memproduksinya sendiri melalui sejumlah merek, kemudian lewat Herborist pada tahun 2007.

Herborist menghadirkan beberapa rangkaian produk kosmetik dan wewangian dimulai dari perawatan tubuh, seperti lulur, sabun mandi, lotion tubuh, perawatan kulit, produk perlengkapan mandi dan produk terbaru hand sanitizer.

Billy terus mengeksplorasi beragam inovasi dan strategi pemasaran untuk menjangkau masyarakat luas, salah satunya lewat berjualan online di Tokopedia. Sejak bergabung sebagai Official Store, Herborist telah menjual lebih dari 47.000 produk kepada masyarakat dari Sabang sampai Merauke.

Baca juga: Tokopedia Belajar, Fitur Baru untuk Belajar dari Rumah

Bahkan sudah memiliki tim khusus untuk menangani penjualan online, yang tadinya hanya berjumlah 3 orang kini hampir 40 orang.

COO PT Victoria Care Indonesia, Sumardi Widjaja, mengungkapkan “Kami melihat adanya potensi besar dalam memanfaatkan baik platform offline maupun online untuk memasarkan produk Herborist, sehingga bisa berjalan beriringan dan saling melengkapi satu sama lain.”

Di tengah pandemi Covid-19, Herborist berinisiatif memulai produksi hand sanitizer dengan harga terjangkau.

“Awalnya, kami membuat cairan antiseptik khusus untuk kebutuhan sanitasi pabrik kami. Melihat perkembangan Covid-19 di Indonesia, kami menggerakkan 2/3 tim produksi untuk fokus membuatnya secara massal demi membantu masyarakat mendapatkan produk kesehatan dengan mudah,” ungkap Sumardi.

Herborist juga berkolaborasi dengan pemerintah daerah, salah satunya Pemprov Jateng, untuk menyalurkan bantuan berupa 5.000 liter hand sanitizer kepada instansi kesehatan, seperti puskesmas.

Herborist saat memberikan sumbangan hand sanitazer ke Pemprov Jateng (Foto: Dok Tokpedia)

“Harapannya, upaya kami bersama seluruh pihak dapat membantu memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia,” tutup Sumardi.

Saat ini, masyarakat bisa mendapatkan produk kesehatan dr soap dan Herborist melalui Official Store di Tokopedia.

Demi mempermudah masyarakat mendapatkan produk kesehatan dan kebutuhan pokok lain sesuai kebutuhan dan lebih efisien, Tokopedia mengadakan kampanye Peduli Sehat dan Lengkapi Persediaan Rumah. Masyarakat juga bisa memanfaatkan Bebas Ongkir agar lebih efisien.

Memang sejak kasus pandemi meluas di Indonesia, kebutuhan akan produk kesehatan dan kebutuhan pokok lain di Tokopedia melonjak signifikan.

Riset internal Tokopedia menunjukkan produk yang paling banyak dicari antara lain berbagai jenis masker mulut, camilan sehat, hingga cairan antiseptik atau hand sanitizer.