MPV Reli Pertama di Dunia, Mitsubishi Xpander AP4 Mulai Diuji Coba

17 July 2020 - by

Uzone.id - Setelah meluncurkan tim balap reli Xpander Rally Team (XRT) pada Juli 2019 lalu, Mitsubishi Indonesia (MMKSI), mulai menguji MPV Rally pertama di dunia, Xpander AP4.

Bersama XRT, uji coba perdananya dilakukan di Sirkuit Tembong Jaya, Serang, Banten pada Sabtu, 11 Juli 2020.

“Kolaborasi kami bersama dengan tim XRT dalam mewujudkan Crossover MPV seven-seater pertama yang dimodifikasi dan bergabung dengan AP4 Rally terus berlanjut," ungkap Naoya Nakamura, Presiden Direktur PT MMKSI.

Advertising
Advertising

FOTO: Nissan Ariya Resmi Meluncur, Mobil Listrik dengan ProPilot 2.0

Meskipun di tengah situasi yang belum kondusif, MMKSI dan XRT tetap berkomitmen dalam mempersiapkan Mitsubishi XPANDER AP4 untuk ajang rally nasional maupun internasional.

Ini adalah salah satu upaya Mitsubishi dalam mempersembahkan petualangan baru yang unik yang hanya dimiliki oleh keluarga Mitsubishi Xpander dan tentunya pengalaman ini untuk dinikmati para konsumen di Indonesia.

Sebelumnya Mitsubishi Motors memiliki sejarah dalam mengikuti sejumlah ajang motorsport secara global yang menjadi laboratorium alam guna menguji performa kendaraan, kenikmatan berkendara, kenyamanan dan tentunya fitur keamanannya.

Selain itu, pengalaman dan pengetahuan yang dikembangkan melalui partisipasi dalam motorsport, merupakan feedback yang baik untuk pengembangan model Mitsubishi Motors.

Begitu juga dengan Xpander AP4, yang kehadiranya di Indonesia berawal dari ditampilkannya versi concept pada ajang pameran otomotif IIMS, April 2019 lalu.

Kemudian pada Juli 2019 Xpander AP4 kembali ditampilkan di pameran otomotif dengan tampilan design yang sudah menyerupai aslinya yaitu dalam bentuk prototype.

Disaat yang bersamaan, Xpander AP4 sedang melewati masa riset dan pengembangan di Ralliart Selandia Baru, dan menjadi MPV yang dibangun dan dikembangkan untuk menjadi sebuah mobil reli.

Setelah melewati proses homologasi, Xpander AP4 dengan basis crossover terbaru yaitu Xpander Cross, akhirnya hadir di Indonesia.

"Saya sangat puas pada uji coba perdana Mitsubishi Xpander AP4 kami di Sirkuit Tembong Jaya, Serang, Sabtu lalu. Testing sejauh 100 kilometer itu sangat bermanfaat karena kami mendapatkan data otentik mengenai semua performance di mobil tersebut, mulai dari mesin, transmisi, suspensi dan juga sasis," ujar Rifat Sungkar, Pembalap XRT.

Berdasarkan hasil uji coba perdana di lintasan gravel, Xpander AP4 menunjukkan performa dan hasil yang baik dan tidak ditemukan masalah yang berarti.

Dari hasil tersebut, diperoleh data-data yang berguna dalam pengembangan dan penyesuaian Xpander AP4 selanjutnya baik dari sisi bahan bakar, ban, air pendingin turbo, dan sebagainya.

VIDEO Sidak Diler Mitsubishi, Ini Hasil Pengecekan Kami!