Mulai Bulan Ini, Kreator Bisa dapat Uang Dari Iklan YouTube Shorts

03 February 2023 - by

Uzone.id – Semenjak tahun lalu, Google sudah berencana untuk menjadikan YouTube Shorts sebagai ladang cuan bagi kreator di platform mereka. Sedikit flashback, YouTube sempat memberikan gaji bulanan bagi kreator video Shorts lewat program ‘Shorts Fund’.

Namun, program ini tidak membuat kreator puas, gaji dari program ini dianggap masih rendah. Sebagai gantinya, YouTube menghadirkan iklan dalam konten YouTube Shorts dan program Shorts Fund pun diberhentikan.

Advertising
Advertising

Setelah satu tahun menunggu, per 1 Februari 2023 kemarin, YouTube resmi mengumumkan kalau kreator sudah bisa memonetisasi konten Shorts mereka.

“Mulai 1 Februari 2023, kreator yang tergabung dalam Program Partner YouTube (YPP) mulai bisa memonetisasi penayangan konten Shorts mereka dengan cara membagi hasil iklan Shorts,” tulis YouTube dalam laman Google.

Baca juga: Siaran TV Bakal Meluncur di YouTube, Gratis atau Bayar?

Syarat untuk mendapatkan cuan dari iklan YouTube Shorts ini adalah dengan mendaftarkan diri di YouTube Partner Program (YPP) dan menyetujui bagian Shorts Monetization Module.

Iklan nantinya akan muncul di antara video Shorts dalam menu Shorts Feed, bukan di dalam video Shorts seperti adsense di video YouTube yang biasa.

Untuk syarat-syaratnya, kreator yang bisa mendapatkan iklan dari konten Shorts harus memiliki setidaknya 10 juta view Shorts dalam kurun waktu 90 hari, atau setidaknya memiliki 1000 subscriber.

Karena skemanya berupa bagi hasil, pendapatan iklan yang muncul dalam Shorts di suatu wilayah akan diakumulasikan dan dikumpulkan lebih dulu setiap bulannya sebelum dikirim ke kreator.

Pendapatan iklan ini akan dipotong biaya lisensi musik (jika menggunakan musik) dan kreator akan mendapat sekitar 45 persen pendapatan yang didistribusikan berdasarkan total penayangan.

Baca juga: Cuma Rp1, Bisa Pol-polan Main YouTube Shorts Pakai XL Axiata

Untuk mengetahui lebih lengkap soal bagi hasil di YouTube Shorts ini, kalian bisa membuka laman dari Google Support yang satu ini.

dalam skema bagi hasil Shorts ini, YouTube akan mengumpulkan jumlah keseluruhan view Shorts yang dimonetisasi di suatu wilayah, lalu baru mereka akan menghitung berapa banyak uang yang dikumpulkan dalam suatu wilayah.

Lalu, pendapatan keseluruhan ini akan dipotong untuk bayaran lisensi musik. Setelah dipotong lisensi musik, YouTube baru akan mendistribusikan bagi hasil iklan kepada pengguna sesuai dengan jumlah view mereka. Belum beres sampai disana karena YouTube akan memotong kembali pendapatan perorangan sehingga mereka hanya akan menerima sekitar 45 persennya saja.