MWC 2023: Tingkatkan Jaringan Indonesia, Indosat Kerja Sama dengan Huawei

28 February 2023 - by

Uzone.id – Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan Huawei tentang inovasi Segment Routing pada IPv6 (SRv6) di ajang Mobile World Congress (MWC) 2023 yang digelar di Barcelona, Spanyol.

Berdasarkan perjanjian tersebut, kedua pihak akan bersama-sama melakukan penelitian dan verifikasi SRv6, sambil juga mempromosikan komersialisasi SRv6 skala besar untuk mempercepat transformasi ke arsitektur jaringan otomatis dan cerdas.

Advertising
Advertising

MoU tersebut ditandatangani oleh Desmond Cheung, Chief Technology Officer IOH, dan Daniel Wu, Director of Huawei Indonesia IOH Account.

Acara penandatanganan ini juga dihadiri oleh Vikram Sinha, President Director and CEO IOH, Gary Lu, President of Huawei's Network Marketing and Solution Sales Department, Linda Cui, President of Hutchison Global Key Account Dept, dan Long, CEO of Huawei Indonesia Tech Investment.

Baca juga: Mitratel Akuisisi 997 Tower Indosat Ooredoo Hutchison

"Kerja sama antara IOH dan Huawei akan sangat mendorong perkembangan industri telekomunikasi di Indonesia. Kami akan bekerja sama untuk menyediakan layanan jaringan berkualitas lebih tinggi dengan pengalaman pelanggan yang lebih baik melalui konvergensi jaringan IP, konvergensi arsitektur jaringan, dan pengoptimalan arsitektur jaringan,” ungkap Chief Technology Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Desmond Cheung dalam keterangannya yang diterima Uzone.id.

Ia melanjutkan, “ini juga akan membantu IOH memelopori transformasi digital cerdas dan menetapkan tolok ukur untuk ekonomi digital global."

Sementara itu, Gary Lu dari Huawei menekankan bahwa pihaknya akan terus berinovasi dan mendorong batas. Dengan teknologi terdepan dalam transportasi konvergensi IP cerdas dan pengalaman luas dalam komersialisasi, Huawei akan membantu IOH membuat terobosan dalam aplikasi SRv6 dan memberikan layanan komunikasi yang lebih beragam bagi pengguna lokal.

Baca juga: Pasca Merger, Pelanggan Indosat Ooredoo Hutchison Capai 102,2 Juta

Dengan meningkatnya skala jaringan dan munculnya era cloud, semakin banyak layanan jaringan yang muncul. Nah, layanan ini memberlakukan lebih banyak persyaratan pada jaringan. SRv6 dipercaya dapat menjadi protokol transport IP generasi berikutnya.

Huawei berharap dapat bekerja sama dengan mitra industri dan memanfaatkan keunggulannya dalam inovasi teknologi SRv6 dan pengalaman penerapan SRv6 untuk memberdayakan berbagai industri dan memfasilitasi pengembangan ekonomi digital.

Diketahui, IOH telah bekerja sama dengan Huawei di berbagai bidang sejak 2005 dan mulai membangun jaringan transportasi konvergensi 5G-ready berbasis SRv6 pertama di kawasan Asia-Pasifik bersama dengan Huawei pada tahun 2020.