Nama Uzone.id Dicatut Script Penambang Bitcoin

04 January 2018 - by

Tersiar kabar bahwa Indihome, salah satu layanan milik Telekomunikasi Indonesia (Telkom), disusupi program penambang Bitcoin yang secara diam-diam berdampak buruk ke komputer pengguna.

Kabar yang beredar luas di dunia maya tersebut mengatakan bahwa layanan Indihome disisipkan script sebagai penambang cryptocurrency sejenis bitcoin. Istilah ini dikenal dengan teknik cryptojacking.

Jika komputer terkena injeksi script tersebut, maka akan muncul barisan script yang terlihat seperti ini:

https://cfs.uzone.cf/func.js

https://cfs.uzone.cf/lib/coinhive.min.js

https://cfs.uzone.cf/deport.js

https://cfs.uzone.cf/poiCore.js

Uzone sebagai situs media online di bawah PT Metranet, menyatakan domain tersebut merupakan entitas yang berbeda dengan Uzone.id dan domain tersebut bukanlah bagian dari Uzone.id.

"Adapun service kami berada di jaringan Indihome hanya untuk keperluan memasok berita di layanan Indihome dan jaringan Wifi,” terang Didik Budi Santoso, Direktur Bisnis PT Metranet sekaligus salah satu Board of Advisor di Uzone.id.

Didik melanjutkan, setelah dilakukan investigasi diketahui bahwa script ini memang bisa memanfaatkan perangkat pengguna untuk menambang mata uang digital (sejenis bitcoin) sehingga membuat CPU load device pengguna menjadi sangat lambat.

Tak hanya itu, script ini dapat merekam aktivitas internet banking pengguna sehingga bisa sangat merugikan.

Kenapa hal tersebut bisa terjadi?

Karena spoofing DNS yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab sehingga pengguna yang mengunjungi situs tertentu dialihkan ke halaman yang sudah dipalsukan.

"Kami bersama Telkom sudah melaporkan domain tersebut ke Kominfo untuk diblokir, agar tidak terjadi juga di operator lain," tegas Didik.

Sebagai langkah awal pencegahan, domain dan subdomain (uzone.cf, cfs.uzone.cf) sudah lebih dulu diblokir pada jaringan Indihome. "Sudah diredirect ke internet positif,” tandasnya.