Oppo akan Luncurkan Reno8 4G, Masuk ke Indonesia Gak?

10 August 2022 - by

Uzone.id - Oppo Reno8 5G dan Reno8 Pro 5G sudah diperkenalkan secara global, sementara di Indonesia akan diluncurkan dalam waktu dekat. Menanti kemunculan dua smartphone 5G terbaru dari Oppo, muncul rumor kalau pabrikan asal China itu juga akan merilis Oppo Reno8 4G sebagai model dengan spesifikasi terendah.

Dilansir dari Pricebaba, Oppo Reno8 4G dibuat dengan konsep desain yang serupa dengan Reno8 Series lainnya. Dua warna tersedia untuk smartphone ini, Black dan Dawnlight Gold sebagai warna andalannya.

Advertising
Advertising

Namun di samping desain yang berbeda, spesifikasi yang disematkan pada Oppo Reno8 4G masih sama dengan seri sebelumnya. Mulai dari prosesor hingga konfigurasi kamera, mirip dengan Oppo Reno7 4G.

Baca juga: Spesifikasi Oppo Reno8 Z 5G Mirip Reno7 Z, Bedanya Apa?

Oppo Reno8 4G tetap ditenagai oleh prosesor Snapdragon 680, chipset kelas entry terbaru dari Qualcomm. Prosesor ini dirancang dengan arsitektur 6nm yang menawarkan performa lebih tinggi ketimbang Snapdragon 600 Series lainnya.

Dengan arsitektur terbaru, konsumsi daya dari prosesor ini juga lebih efisien. Prosesor ini terdiri dari dua kluster CPU, yakni 4-core Cortex A73 dengan kecepatan 2,4 GHz dan 4-core Cortex A53 dengan kecepatan 1,9 GHz.

SoC (system on chip) tersebut dipadukan dengan RAM dan memori penyimpanan yang lebih besar dari Reno7 4G. Kapasitas RAM maksimal diketahui sampai 12 GB berjenis LPDDR4x dan memori penyimpanan internal hingga 256 GB.

Kapasitas baterainya 4.500 mAh yang bisa diisi dayanya dalam waktu singkat lewat fast charging 33W. Adapun sistem operasi yang disematkan, kemungkinan ColorOS generasi anyar dengan Android terbaru.

Di bagian kamera, konfigurasinya masih sama. Kamera utama 64MP yang dipadukan dengan sepasang kamera 2MP. Lalu ada kamera selfie dengan sensor 32MP.

Baca juga: Mengenal Canggihnya Teknologi Fast Charging di Smartphone

Belum diketahui apakah bagian layarnya masih sama dengan Reno7 4G atau tidak. Kalau sama, berarti panel yang digunakannya berjenis AMOLED berukuran 6,43 inci dengan resolusi Full HD+ dan sudah mendukung refresh rate 90Hz.

Oppo Reno8 4G diduga kuat akan meluncur resmi di India dalam waktu dekat. Belum ada kepastian apakah smartphone ini akan diedarkan ke Indonesia atau tidak, sebab ponsel ini pun belum nongol di situs TKDN Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI.

Pun demikian, media sosial Oppo Indonesia masih belum woro-woro soal smartphone 4G ini. Pabrikan asal China itu masih berfokus pada teaser terkait Oppo Reno8 5G dan Reno8 Pro 5G.