Pengguna WhatsApp Melonjak Lebih dari 50 Persen Saat Pandemi Corona

31 March 2020 - by

Uzone.id - Penerapan kerja dari rumah atau work from home di sejumlah negara, berimbas pada kenaikan penggunaan aplikasi pesan instan Whatsapp. Malahan lonjakannya sangat signifikan.

Peningkatan tersebut dikarenakan upaya dari para pengguna untuk tetap terhubung pada keluarga, rekan kerja serta teman terdekat akibat pandemi Corona atau COVID-19 ini.

Dilansir dari TechCrunch, Selasa (31/3/2020), survei yang diadakan untuk 25.000 pengguna dan dilakukan di 30 negara selama periode 14-24 Maret 2020.

Advertising
Advertising

Baca juga: Cara Memanfaatkan WhatsApp Halau Hoax Corona

Dilaporkan hasil dari perolehan survei tersebut pemakaian WhatsApp secara global meningkat 40 persen. Pada awal pandemi aplikasi ini mengalami peningkatan 27 persen dan pada pertengahan mencapai 41 persen.

Trafik kenaikannya cukup signifikan ketika fase darurat. Penggunaan WhatsApp melonjak hingga 51 persen. Pengguna di Negara Spanyol memiliki data pemakaian whatsapp yang alami kenaikan cukup tinggi mencapai 76 persen.

Baca juga: WhatsApp Ingin Berantas Penyebaran Hoaks Tentang Virus Corona

Imbas dari virus corona di berbagai negara, tidak hanya Whatsapp, berbagai platform media sosial lain mengalami lonjakan yang penggunanya di Kategorikan berusia 18-34 tahun.

Lonjakan lain juga dirasakan oleh platform Facebook dan Instagram yang mengalami peningkatan sebanyak lebih dari 40 persen dengan kategori usia pengguna yang sama seperti WhatsApp.