Penjualan Tak Capai Target, Apple Pangkas Produksi iPhone X

31 January 2018 - by

Penjualan smartphone teranyar dan tercanggih yang dibuat Apple, iPhone X, ternyata tidak membuahkan hasil yang menggembirakan. Gara-gara itu perusahaan akan memotong jumlah produksi iPhone X di kuartal pertama 2018, menurut laporan Nikkei.

Awalnya Apple berencana memproduksi 40 juta unit iPhone X. Namun rendahnya penjualan iPhone yang dibanderol Rp 18 juta itu pada libur akhir tahun lalu, khususnya di pasar Eropa, AS, dan China, membuat perusahaan memutuskan memangkas jumlah produksinya menjadi 20 juta unit.

"Apple akan mengurangi separuh target produksi untuk iPhone X dalam periode tiga bulan dari Januari tahun ini. Padahal saat diluncurkan pada bulan November lalu, mereka menargetkan produksi 40 juta unit," demikian laporan Nikkei.

Sementara produksi iPhone 7, iPhone 8, dan iPhone 8 Plus tidak mengalami pemangkasan dan tetap ditargetkan 30 juta unit untuk kuartal pertama tahun ini.

Kabar diturunkannya jumlah produksi iPhone X ini memiliki efek domino pada produsen pemasok komponennya, karena mereka diperkirakan sudah menghabiskan hingga miliaran dolar AS untuk produksi sepanjang periode Januari hingga Maret.

Pemasok komponen iPhone yang terkena imbasnya adalah Sony (pemasok sensor kamera), Kyocera (pemasok papan sirkuat), dan TDK (pemasok baterai).

Sebelumnya Apple diprediksi analis Ming-Chi Kuo bakal mengeluarkan tiga iPhone model baru di tahun 2018, dengan model 5,8 inci dan 6,5 inci berlayar OLED seperti iPhone X dan iPhone berukuran 6,1 inci berlayar LCD.

Ketiganya dirumorkan mengusung fitur kamera TrueDepth dan sistem pengenalan wajah Face ID seperti iPhone X.