Perbanyak Talenta Digital, Telkom Collab Bareng Kampus

24 February 2022 - by

Uzone.id – Telkom Indonesia sadar betul pentingnya talenta digital di Indonesia untuk meningkatkan percepatan transformasi digital dan pengembangan sektor ekonomi digital Tanah Air. Salah satu strategi yang diambil Telkom adalah kolaborasi dengan akademisi – dalam hal ini universitas.

Melalui Indonesia Telecommunication Digital Research Institute (ITDRI), Telkom bekerja sama dengan Universitas Widyatama di Bandung pada empat bidang, yaitu learning, research, inovasi, dan pengabdian masyarakat.

Advertising
Advertising

“Kami tak hanya membantu terciptanya talenta digital yang dapat bersaing skala global di berbagai BUMN Indonesia, tapi juga berperan aktif dalam pengembangan talenta digital, inovasi dan riset dari lingkungan kampus sebagai bagian Helix Academy,” ungkap Chairman of ITDRI dan SGM Telkom Corporate University, Jemy V. Confido dalam pernyataannya.

Ia melanjutkan, “menghadapi tantangan ini, sesama pentahelix perlu merapatkan barisan agar bisa saling bersinergi dalam mendorong terciptanya talenta digital Indonesia.”

Baca juga: Universitas Telkom Hadirkan Kurikulum Pengembangan Metaverse

Dari penjelasannya, kerja sama bidang learning (pembelajaran) adalah kolaborasi perancangan dan penyelenggaraan kegiatan pembelajaran seperti joint learning, joint curriculum, produksi konten pembelajaran, magang, penyusunan case study, pertukaran pengetahuan, wawasan bisnis, dan lain-lain.

Lalu di bidang research, kerja sama ini berbentuk penelitian dan pengembangan bersama yang dimiliki masing-masing pada joint research, joint development, serta penggunaan platform dan resource riset bersama.

“Pada bidang inovasi, kolaborasi pengembangan digital ini melalui kegiatan yang tidak terbatas seperti joint innovation, pertukaran data hasil inovasi, penggunaan use case dalam industri, dan lainnya,” lanjut Jemy.

Terakhir, bidang pengabdian kepada masyarakat di sini maksudnya adalah kolaborasi dalam memberikan kontribusi pemberdayaan masyarakat meliputi kegiatan literasi digital masyarakat, dan smart village.

Baca juga: Tips Memulai Agile Management di Perusahaan

Sementara dari penuturan Wakil Rektor Bidang Keuangan, SDM, & Fasilitas Universitas Widyatama, Deden Sutisna, kerja sama ini menjadi bagian penyempurnaan lebih lanjut dari apa yang sudah mereka lakukan sebelumnya.

Sejak pandemi, kata Deden, 40 persen pembelajaran di kampus Widyatama diterapkan secara e-learning, alias virtual.

“Kami berharap dapat memberikan kontribusi nyata terhadap Indonesia yang membutuhkan talenta digital dalam jumlah banyak. Kolaborasi ini menjadi salah satu upaya menciptakan ekosistem digital demi mempercepat transformasi digital Tanah Air,” kata Deden.

Kesepakatan MoU antara ITDRI dan Universitas Widyatama ini diharapkan dapat mempercepat dan meningkatkan kapabilitas inovasi serta kesiapan talenta digital Indonesia. Collab ini juga dianggap sebagai suatu jalan kebaikan dan amal ilmiah bagi pihak-pihak terkait.