Perbesar Kapasitas Jaringan, XL Axiata Rangkul Huawei

03 October 2022 - by

Uzone.id – XL Axiata merangkul Huawei untuk membangun jaringan berkualitas tinggi yang dibarengi dengan penerapan green information dan communication technology.

Hal ini didorong dari melonjaknya trafik data di jaringan XL agar dapat diimbangi dengan kapasitas jaringan yang memadai untuk mempertahankan standar layanan yang tinggi dan pengalaman lebih mulus bagi pengguna.

Advertising
Advertising

Dalam rangka memperbesar kapasitas jaringan tersebut, XL berkolaborasi dengan Huawei untuk mengimplementasikan teknologi terbaru “FDD Smart 8T8R”.

Hasil serangkaian uji coba yang telah dilakukan menunjukkan peningkatan kualitas dan kapasitas jaringan hingga 2,9 kali.

Baca juga: XL Perkuat Jaringan 3 Kabupaten di Aceh

“Teknologi FDD Smart 8T8R ini, selain dapat meningkatkan efisiensi spektrum untuk mencapai peningkatan throughput pengguna hingga sebesar 2,0 kali terhadap teknologi 4T4R, juga bisa membantu mengurangi konsumsi daya hingga 26 persen serta memperbesar efisiensi spektrum pada jaringan,” jelas Direktur Teknologi & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa.

Sementara dari penuturan XL Account Director of Huawei Indonesia, Weiwei, pihaknya juga berkomitmen untuk membangun jaringan yang memenuhi persyaratan untuk pengembangan masa depan.

“Kami akan terus memberikan solusi inovatif untuk mendukung XL bertransformasi menjadi operator konvergensi termasuk mendukung pembangunan broadband nasional di Indonesia,” tutur Weiwei.

Saat ini, XL telah mengimplementasikan jaringan FDD Smart 8T8R di lebih dari 700 BTS 4G di berbagai wilayah di Indonesia.

Baca juga: Dukung G20, XL Axiata Gelar 5G di Belitung

Penerapan teknologi ini akan dilakukan dengan berfokus pada area dengan trafik penggunaan layanan data dan internet yang tinggi, seperti di lingkungan padat penduduk, perkantoran, tempat wisata, hingga pusat perbelanjaan.

Teknologi tersebut juga diklaim berguna untuk menjaga kualitas layanan di pusat layanan transportasi seperti bandara, pelabuhan dan terminal, atau juga di tempat penyelenggaraan event besar yang berpotensi terjadi lonjakan trafik.

Diketahui, hingga akhir semester 1 2022, trafik data XL meningkat sebesar 30 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya. Peningkatan trafik ini terus meningkat seiring dengan meningkatnya mobilitas masyarakat pasca pandemi Covid-19, termasuk diijinkannya masyarakat melakukan perjalanan.

Saat ini XL memiliki lebih dari 144 ribu BTS, di antaranya lebih dari 88 ribu BTS 4G, dan jaringan fiber optik sepanjang 130 ribu kilometer yang menopang kekuatan jaringan XL untuk melayani sekitar 57 juta pelanggan di berbagai wilayah di Indonesia dengan penetrasi 4G sekitar 90,9 persen.