Punya Anak Banyak, Awas Diintai Pikun Lebih Cepat!

20 July 2018 - by

Punya anak banyak ternyata bisa membuat ibu berisiko pikun lebih cepat, demikian kesimpulan yang didapat peneliti dalam sebuah studi terkini.

Padahal di beberapa dekade lalu, pasangan suami istri umumnya ingin memiliki banyak anak. Namun di zaman now pasangan justru ingin membatasi keturunannya.

Nah, membatasi keturunan ini ternyata ada manfaatnya di masa tua.

Advertising
Advertising

Sebuah penelitian terkini menunjukkan bahwa orangtua, khususnya ibu yang memiliki banyak anak cenderung lebih rentan mengalami alzheimer atau kepikunan di masa tua. Temuan ini didapat setelah peneliti menganalisis 3549 perempuan berusia 71 tahun dan telah memiliki anak bungsu berusia rata-rata 46 tahun.

Profesor Ki Woong Kim dari Departemen Ilmu Otak dan Kognitif di Seoul National University College of Natural Sciences mengatakan, perempuan yang memiliki lima anak atau lebih sangat mungkin mengembangkan penyakit Alzheimer setidaknya 70 persen dibandingkan perempuan yang melahirkan satu atau dua kali.

Di sisi lain, perempuan yang pernah mengalami keguguran juga berisiko sama mengembangkan penyakit Alzheimer. Menurut Profesor Kim kedua hal tersebut muncul karena pengaruh hormon.

"Kemungkinan besar karena kadar estrogen dalam tubuh meningkat dua kali lipat pada minggu kedelapan kehamilan dan terus meningkat hingga 40 kali lipat," tambah dia dilansir Newsweek.

Woong Kim berharap dilakukan penelitian lebih lanjut untuk menemukan cara mencegah Alzheimer seperti melalui terapi hormonal di trimester pertama kehamilan. Penyakit alzheimer sendiri ditandai dengan penurunan kemampuan mengingat dan bicara.

 

Berita Terkait: