Q2 2020, Pasar Smartphone Turun 14 Persen Tapi Apple Naik

04 August 2020 - by

 

Uzone.id - Pasar smartphone global mengalami penurunan pada kuartal kedua tahun ini. Perusahaan riset Canalys menyebut jika pangsa pasar smartphon turun sampai 14 persen, namun dari sekian banyak vendor yang bermain, hanya Apple yang mengalami peningkatan.

Dilansir melalui Reuters, Selasa, 4 Agustus 2020, Apple satu-satunya vendor smartphone yang memperlihatkan peningkatan pangsa pasar di kuartal kedua 2020. Apple dikabarkan telah menjual sebanyak 45,1 juta unit iPhone di seluruh dunia. Angka ini naik 25 persen dibanding tahun sebelumnya.

Advertising
Advertising

Namun begitu, Apple harus puas menduduki posisi ketiga di jajaran vendor smartphone besar dunia. Di posisi pertama, Canalys menempatkan Huawei dan Samsung di posisi dua. Sayangnya, baik Huawei maupun Samsung menunjukkan penurunan penjualan, masing-masing 5 persen dan 30 persen.

Total penjualan smartphone dunia mencapai 285 juta unit di kuartal ini. Turun 14 persen year on year dikarenakan pandemi virus corona yang membuat demand akan smartphone semakin menurun.

Huawei telah mengapalkan lebih banyak unit smartphone secara global tahun ini dan pertama kali dalam sejarah semua perusahaan riset memasukkan Huawei di posisi pertama pasar smartphone terbesar. Baik Canalys, Counterpoint dan IDC melaporkan pertama kali dalam sembilan tahun terakhir, tahta pasar smartphone tak lagi ditempati Samsung maupun Apple.

Vendor smartphone asal China itu telah mengapalkan 55,8 juta unit perangkat di kuartal ini. Namun angka tersebut mengalami penurunan persentase sampai 5 persen year on yeas. Yang paling parah memang Samsung. Dengan pengapalan sebanyak 53,7 juta unit smartphone, angkanya turun sampai 30 persen dibanding tahun lalu.