Q4 2019, Pangsa Pasar Samsung Turun Diambil Apple

03 February 2020 - by

 

Uzone.idSetelah sekian lamanya berada di bawah bayang-bayang Samsung, Apple kembali meraih tahta di pasar smartphone Indonesia. Setidaknya satu kuartal ini, di kuartal terakhir 2019.

Menurut riset Strategy Analytics, Apple telah mengapalkan sekitar 70,7 juta unit smartphone di kuartal ke-empat 2019. Angka ini berada di atas Samsung yang hanya mengapalkan 68,6 juta unit smartphone.

Advertising
Advertising

Baca juga: Pabrik Motor Honda Tutup Lebih Lama Akibat Virus Corona

Data yang sama juga dipaparkan oleh perusahaan riset lain, yakni Counterpoint Research. Meski beda jumlahnya sama dengan estimasi Strategy Analytics, namun total pengapalannya lebih banyak. Apple diperkirakan telah mengapalkan 72,9 juta unit smartphone sedangkan Samsung hanya 70 juta unit.

Dengan demikian, dilansir melalui Digital Trend, Apple berhasil meraih pangsa pasar sekitar 19 persen di dunia pada kuartal terakhir tahun ini. Sedangkan pangsa pasar smartphone Samsung 18 persen.

Untuk posisi ketiga sampai kelima, masing-masing ditempati Huawei dengan 15 persen, Xiaomi 9 persen dan Oppo 8 persen.

Sukses Apple diklaim dikarenakan penjualan yang cukup memuaskan terhadap iPhone 11 series. Ada 3 model iPhone 11 yang memiliki performa meningkat, termasuk kamera dan storage.