Rahasia Di balik Oli Ecstar Suzuki, Dari motoGP untuk Mobil Harian

12 February 2020 - by

Uzone.id - Suzuki Indonesia baru saja meluncurkan oli resmi pabrikan yang kini berlabel Ecstar dari sebelumnya Suzuki Genuine Oil (SGO). Nama Ecstar sendiri cukup familiar di dunia motoGP.

Suzuki begitu pede mengganti SGO dengan Ecstar sebagai oli resminya, karena sudah meningkatkan spesifikasinya, sehingga secara kualitas bakal lebih baik.

Oli ini punya spesifikasi 0W-20 SN, merupakan standar kualitas oli tertinggi yang diakui API atau American Petroleum Standard. Dengan banderol cuma Rp 95 ribu perliter, oli ini cocok buat mobil-mobil baru Suzuki yang perlu pelumasan lebih encer.

Advertising
Advertising

Baca juga: Intip Fitur Canggih Honda Civic Hatchback RS, Harga Nyaris Setengah Miliar

Selain itu, ada juga varian 5W-30 SN/GF-5. Nantinya, ada tipe F 7000 yang semi sintetis dan F 9000 yang full sintetis.

Menariknya, oli tersebut memiliki teknologi yang dibanggakan Ecstar di motoGP, yakni teknologi Molybdenum yang membentuk lapisan keras yang rata di permukaan metal pada mesin demi proteksi.

“Kandungan ini memiliki fungsi untuk mengurangi gesekan sehingga kinerja mesin lebih optimal dan hemat bahan bakar,” jelas Spare Part Dept Head PT SIS Ignatius Ratrianto.

Ratrianto menambahkan bahwa pelumas Ecstar dapat digunakan pada mobil Suzuki keluaran tahun 2012 ke atas. Sementara untuk 2012 ke bawah, masih bisa menggunakan oli Ecstar namun dengan tingkat kekentalan yang berbeda, yakni 5W-30.

Ecstar sendiri sudah dikembangkan sejak tahun 1980 di Jepang dengan misi menjadi pelumas kelas dunia. Selain oli mesin, ECSTAR juga punya gear oil untuk transmisi manual, ATF fluid untuk transmisi otomatis dan cairan lain seperti brake fluid untuk rem atau coolant untuk mesin.

“ECSTAR berkembang di sirkuit balap MotoGP bersama tim Suzuki dan telah dikenal secara global. Saat ini kami meluncurkan ECSTAR untuk para pengguna mobil di Indonesia,” tambah Seiji Itayama, Presdir Suzuki Indonesia.

Video Mitsubishi Outlander PHEV, SUV Listrik yang Bisa Diajak Kemana Aja: