Reaksi Pabrikan Jepang Melihat Fenomena Baru Esemka

01 February 2018 - by

Belum lama ini warganet dibuat heboh dengan beredarnya foto mobil Esemka Garuda 1. Foto tersebut tidak hanya menuai respon dari masyarakat, pelaku industri otomotif juga turut berkomentar terkait mobil berjenis sport utility vehicle (SUV) itu.

Salah satunya Toyota. Melalui Executive General Manajer PT Toyota-Astra Motor (TAM) Franciscus Soerjopranoto mengatakan menyambut baik kehadiran mobil baru Esemka. Terlebih, jika mobil bernama Garuda 1 itu benar dapat terealisasi (diproduksi massal).

Advertising
Advertising

"Berarti calon pembeli kendaraan roda empat memiliki beragam pilihan, termasuk mobil karya anak bangsa," kata Soerjo kepada CNNIndonesia.com, Kamis (1/2).

Lihat juga:
SUV Esemka Garuda 1, Sekilas Mirip Mobil China

Menurutnya, bukan tidak mungkin dengan kemunculan Esemka bakal menambah semarak pasar otomotif di Tanah Air. Apalagi, Ia berpendapat, konsumen Indonesia sangat terbuka terhadap produk baru.

Ia juga yakin, dengan wajah baru, mobil yang disebutkan hasil karya anak bangsa itu mampu bersaing dengan merek mobil lain. Bahkan Ia melihat, dari penampilan Garuda 1, SUV tersebut akan menjadi saingan SUV lainnya seperti Fortuner, Pajero dan CR-V.

"Kalau lihat gambar-gambarnya bagus. Jadi kenapa tidak bisa bersaing? Mungkin masuk kelasnya Fortuner, Pajero dan CR-V," ucap Soerjo.

Lihat juga:
Komparasi Esemka Garuda 1 dan Mobil China Foday Landfort

Sementara itu Marketing & After Sales Service Director Honda Prospect Motor (HPM), Jonfis Fandy menyambut positif atas isu terbaru mengenai Esemka di Indonesia.

"Kalau bisa (Esemka) produksi mobil (di Indonesia) ya suatu kemajuan di lokal. Untuk menjadi industri besar ya harus ada rencana bisnis yang baik, dan semestinya mereka sudah siapkan?," tegas Jonfis.

Bagi Jonfis, jika ingin bersaing di dalam negeri, tentu Esemka memerlukan upaya yang tidak sedikit. Eksistensi sebuah merek mobil tidak sekedar 'kampanye' di depan, setelah itu hilang dari peredaran, bahkan mengundang tanya masyarakat perihal produknya. "Produknya belum dipasarkan dalam level industri manufaktur. Tetapi, bukan berarti tidak bisa," jelas Jonfis.

Lihat juga:
Siswa Lulusan SMK Dilibatkan Produksi Esemka

Seperti diketahui saat ini sudah beredar wujud mobil baru Esemka pada kelas SUV bernama Garuda 1. Mobil itu kian menarik lantaran berpenampilan serupa dengan SUV China yakni Foday Landfort.

Antara Esemka Garuda 1 dan Foday Landfort memiliki banyak kesamaan di bagian buritan. Misalnya, desain pintu belakang, rear upper spoiler, list chrome, wiper, stop lamp, bumper hingga reflektor yang sama persis.

Perbedaan antara keduanya hanya pada logo dan penyematan emblem, foto yang beredar menggunakan logo Esemka dan nama 'Garuda 1' di sisi belakang. Sedangkan mobil China menggunakan tulisan China di sisi kiri bagian belakang dan Landfort di sisi kanan.

Lihat juga:
Beli Motor Modifikasi, Jokowi Pacu Anak Muda Berkarya

Foday Landfort sendiri, tersedia dalam pilihan mesin bensin 2.4-liter dan mesin diesel 1.9-liter. Untuk sistem penggeraknya all-wheel-drive (AWD) dan rear-wheel-drive (RWD). Dan spesifikasi Esemka Garuda 1 masih ditutupi sampai waktu peluncuran tiba.