Rekomendasi Gadget dan Tools buat Food Vlogger Pemula, Gak Pakai Ribet!

05 April 2023 - by

Uzone.id - Salah satu konten yang sering dicari penonton YouTube, apalagi pas bulan puasa sekarang adalah food vlogger. Bukan sekadar memberikan rekomendasi hidangan yang pas buat buka puasa saja, tak jarang banyak kuliner hidden gems yang tak banyak orang tau pun diungkap dalam video food vlogger.

Advertising
Advertising

Ngomongin food vlogger, memang ada banyak channel yang bagus dengan subscriber sampai jutaan. Tapi gak ada salahnya untuk mulai membangun channel food vlogger sendiri, apalagi jika kalian tipikal orang yang senang cari kuliner hidden gems di sudut-sudut kota.

Daripada lokasi, kualitas dan rasa makanannya dinikmati sendiri, mendingan di-share ke banyak orang, ya gak? 

Biar konten video kalian berkualitas, baik dari sisi audio dan video, nih tim Uzone.id kasih rekomendasi gadget dan tools yang mesti kalian punya sebagai food vlogger. Ingat, makin menarik kontennya, berpeluang buat menambah jumlah subscriber secara signifikan lho.

Baca Juga :

Menebak Pendapatan YouTube Food Vlogger di Indonesia, Sampai Miliaran?
 

Smartphone dengan kamera berkualitas tinggi

Gadget paling wajib dipunya untuk membuat video vlog sudah pasti kamera. Berbekal kamera berkualitas tinggi, hasil rekaman pasti lebih tajam dan jernih.

Namun biar lebih praktis dan murah juga, kalian sebenarnya bisa menggunakan kamera smartphone. Tapi pastikan smartphone yang dipilih memiliki spesifikasi kamera yang bagus untuk merekam video, minimal sudah mendukung OIS (optical image stabilization).

Kamera dengan OIS membantu agar gambar lebih stabil dan tak shaky. Juga, kualitas gambar lebih jernih dan tak banyak noise dimana-mana, walau direkam di kondisi pencahayaan yang minim sekalipun.

Oiya, kamera depannya juga perlu diperhatikan, kalau bisa mengusung resolusi tinggi atau sukur-syukur sudah mendukung autofocus. Fungsinya, agar saat kalian harus merekam video dengan kamera depan, hasil gambarnya tetap tajam dengan warna yang natural. 

Beberapa pilihan smartphone bisa kalian incar antara lain, Samsung Galaxy S23, Xiaomi 12, Oppo Reno8 Pro, sampai Vivo X80 Pro. 

Mikrofon khusus

Ilustrasi foto: Onur Binay/Unsplash

Beberapa smartphone di atas sebenarnya punya kemampuan mikrofon yang mumpuni, karena memang dipersiapkan sebagai ‘ponsel buat ngonten’. Hanya saja, bakal lebih oke lagi jika kalian memasangkannya dengan mikrofon khusus untuk merekam suara dengan kualitas yang lebih baik. 

Baca Juga :

5 Food Vlogger Lokal yang Punya Subscriber Terbanyak, Ada Ria SW?
 

Beberapa opsi mikrofon untuk smartphone yang oke kualitasnya adalah Boya BY-WM3T2-U, Saramonic Blink 500 B6, Lavalier Mic G10, atau yang kualitasnya terjamin Rode Wireless Go. Perangkat ini bisa mengurangi suara bising dan menghasilkan suara yang jernih, dan tentu saja tersedia untuk kalian beli di toko online.

Tripod

Ilustrasi foto: Adesh Bankar/Unsplash

Untuk menjaga kamera tetap stabil selama merekam, tripod juga diperlukan. Gak usah yang besar ukurannya, minimal cukup untuk menjaga smartphone kalian tetap stabil saat menaruhnya di atas meja makan misalnya.

Beberapa tripod rekomendasi kami antara lain Zomei M5, KNF Tripod BI234M, sampai Takara Artemis 234. Jangan lupa untuk membeli phone holder agar smartphone bisa cocok dengan tripod tersebut.

Lighting

Lighting dalam pengambilan video juga sangat penting, terutama saat kalian terpaksa mengambil footage di ruangan atau lingkungan yang minim cahaya. Dengan lighting, setidaknya kamera smartphone lebih terbantu agar menghasilkan gambar yang minim noise dan memiliki kontras warna serta detail yang lebih baik.

Baca Juga :

5 Cara Termudah Download Foto dan Video Instagram
 

Beberapa lighting yang pas buat food vlogger antara lain Godox LED M32, Ulanzi VL49 RGB, atau LED WL-62. Semuanya dapat dipasangkan dengan smartphone, juga tersedia secara online.

Aplikasi editing video

Ilustrasi foto: Onur Binay/Unsplash

Di atas kami merekomendasikan smartphone high-end dengan spesifikasi yang tinggi. Selain memiliki konfigurasi kamera yang mumpuni, smartphone kelas atas juga punya spesifikasi tinggi yang dapat mengatasi berbagai perintah, termasuk editing dan rendering video.

Terkait editing video, beberapa aplikasi bisa kalian install di smartphone, seperti Capcut, VN, Filmora, VSCO, dan lain sebagainya. Semua aplikasi tersebut bakal lebih lancar digunakan di smartphone menengah ke atas, sehingga proses editing dan rendering pun lebih mulus dan cepat. 

Itu dia beberapa rekomendasi gadget dan aplikasi yang penting kalian perhatikan jika ingin merintis sebagai food vlogger. Semoga rekomendasi ini bisa membantu Uzoners untuk membuat konten video makanan yang jauh lebih baik lagi.