Rekomendasi Mobil Liburan Nataru: Xpander Cross yang Makin Nyaman

26 December 2022 - by

Uzone.id - Setelah sebelumnya kami memberikan rekomendasi mobil untuk liburan akhir tahu dari segmen low MPV, maka sekarang sedikit naik kelas pada segmen low SUV.

Dari sekian banyak, kami merekomendasikan Mitsubishi Xpander Cross yang baru saja mendapat penyegaran pada GIIAS 2022 lalu.

Advertising
Advertising

SUV berbasis Xpander ini kami anggap cocok untuk diajak liburan akhir tahun dengan sejumlah pertimbanga. Mari kita bahas!

BACA JUGA: Suzuki S-Cross Pensiun, Grand Vitara Siap Gantikan

Tampilan makin sangar

Xpander Cross hadir dengan desain baru pada sisi eksterior dengan desain “Dynamic Shield” khas Mitsubishi Motors dan kini telah mendapatkan penyegaran sehingga tampil lebih agresif.

Pembaruan eksterior terdapat pada: T-Shape Headlamp, Front & Rear Powerful Bumper Design, 17- inch Alloy Wheel Design, LED Foglamp, Distinctive Trapezoid Grille, dan Wheel Arc Moulding yang disempurnakan.

Wajahnya jadi seolah memiliki dua karakter yang berpadu. Kalau bagian lampu dan grill terlihat begitu futuristis, maka kesan tangguh diperkuat di sektor bumpernya.

Ruang kabin makin nyaman

Xpander Cross yang mengalami perubahan interior yang sangat banyak dibanding generasi sebelumnya.

Terdapat panel indicator Full LED yang membuat penumpang jadi lebih mudah memantau kendaraan. Baik itu posisi kecepatan, AYC, dan informasi-informasi lainnya. 

Dan juga telah dilengkapi dengan Micron Air Filtration yang menjaga sirkulasi kualitas udara di dalam kabin dan meningkatkan kenyamanan seluruh anggota keluarga.

Setir New Mitsubishi Xpander Cross juga baru dan terinspirasi dari setir Mitsubishi Pajero Sport, serta adanya wireless charging juga membuat interior mobil jadi naik kelas. 

Performa mesin dan handling jempolan

Selain tampangnya dan penambahan sejumlah fitur, Mitsubishi juga sudah melakukan penyempurnaan dari sisi spesifikasi teknis, yang tujuannya semakin membuat mobil ini aman dan nyaman saat di kemudikan.

Salah satu yang paling mencolok adalah teknologi AYC alias Active Yaw Control. Sebuah teknologi yang sebelumnya ada di mobil rally Mitsubishi Lancer EVO.

Apa itu AYC? Ini merupakan singkatan dari Active Yaw Control. Fitur ini diklaim dapat meningkatkan keselamatan berkendara karena memungkinkan mobil menikung dengan stabil.

AYC meningkatkan performa menikung dengan menyesuaikan gaya pengereman pada roda depan untuk mengoptimalkan kestabilan kendaraan ketika bermanuver secara cepat atau dijalan yang licin.

Saat menikung di permukaan jalan yang licin, AYC akan mengerem roda depan di bagian dalam tikungan, meminimalkan understeer dan memungkinkan kendaraan mengikuti garis yang lebih dekat dengan yang diinginkan pengemudi.

Bekerja sama dengan Anti-lock Braking System (ABS) dan Active Stability Control (ASC), sistem ini mendukung keselamatan, keamanan, dan kenyamanan berkendara di berbagai cuaca dan kondisi jalan.

Hasilnya, mengemudikan di dalam kota sangat nyaman dan ketika harus melintasi rute luar kota, MItsubishi Xpander Cross menawarkan keamanan yang bikin pengemudi tenang.

BACA JUGA: Wuling Mini EV Cabrio Dijual Rp180 Jutaan, Sudah Dipesan 150 Ribu Unit

Kemudian sektor performa mesin MIVEC 1500cc dengan transmisi CVT-nya. Bertenaga 104 Hp dan torsinya 141 Nm, sama sekali gak kesulitan untuk memngajak bodi SUV-nya ini bergerak.

Kami merasakan tenaga terisi dan mesin tidak meraung ekstrem. Semoga ini bukan karena mobilnya masih baru ya.

Selain itu, dengan padanan transmisi CVT, kami cukup puas dengan konsumsi bahan bakarnya yang bisa dibilang lumayan irit. Di catatan MID, tertera angka 15,1 km perliter!

Kesimpulan

Dengan semua sodoran tersebut, mulai dari tampila tangguh, muat tujuh penumpang, kabin yang nyaman dengan fitur yang lumayan, serta konsumsi bahan bakar yang irit, membuat Xpander Cross jadi salah satu pilihan mobil yang fleksibel untuk diajak ke berbagai medan dan kondisi jalan.