Rekomendasi Smartphone buat Kalian yang Hobi Nonton Konser

17 February 2023 - by

Uzone.id - Sejak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM dilonggarkan, berbagai konser musik pun marak digelar di Indonesia. Terakhir, penikmat musik tanah air disuguhi konser besar yang dipersembahkan grup band Dewa 19 dan performa apik yang disajikan oleh grup musik asal Irlandia, Westlife.

Selain menikmati alunan musik dari artis idaman, mengabadikan momen saat mereka di atas panggung pun menjadi semacam keharusan saat menonton konser. 

Advertising
Advertising

Nah, daripada membawa kamera DSLR dengan lensa ‘segede gaban’ yang pastinya bakal repot ditenteng-tenteng saat konser berlangsung, mending menggunakan smartphone dengan kamera bagus yang mampu mengambil foto dengan kualitas jernih dan tajam.

Berikut ini tim Uzone.id sudah merangkum beberapa smartphone dengan kamera terbaik yang pas banget kalian manfaatkan untuk mengabadikan momen saat nonton konser.

Samsung Galaxy S23 Ultra

Samsung Galaxy S23 Ultra jadi pilihan yang oke banget buat kalian yang senang memotret dari kejauhan, termasuk mengabadikan momen artis favorit saat bernyanyi di atas panggung. 

Smartphone ini mendapatkan peningkatan pada konfigurasi kameranya, seperti kamera utama 200 MP dengan sensor terbaru yang memungkinkan pengguna mengambil gambar berformat RAW di resolusi 50 MP.

Kemudian ada sepasang kamera telephoto dengan resolusi 10 MP buat pengguna yang ingin memotret dari kejauhan.

Baca juga: 5 Smartphone dengan Kamera Periskop Biar Bisa Motret Bulan

Kamera telephoto pertama dapat mengambil gambar dengan perbesaran optik sampai 3 kali. Sementara kamera telephoto lainnya memiliki lensa periskop yang dapat memperbesar gambar secara optik sampai 10 kali.

Baik kamera utama dan telephoto sudah dilengkapi dengan OIS (optical image stabilization) untuk menjaga stabilisasinya. 

Oiya, ponsel ini juga memiliki kamera ultrawide 12 MP yang pas buat mengabadikan ambience saat konser berlangsung. Sementara buat selfie atau bikin vlog bareng teman-teman, bisa menggunakan kamera 12 MP juga.

Samsung Galaxy S22 Ultra

Samsung Galaxy S22 Ultra punya konfigurasi kamera yang tak jauh berbeda dengan Galaxy S23 Ultra. Bedanya, kamera utama smartphone ini masih menggunakan sensor 108 MP, sementara kamera lainnya punya spesifikasi yang mirip seperti Samsung Galaxy S23 Ultra. 

Terdapat sepasang kamera telephoto 10 MP di Samsung Galaxy S22 Ultra yang mampu melakukan perbesaran gambar secara optical dari 3 sampai 10 kali. Kalau tak puas, kalian pun dapat memperbesar gambar secara hybrid dan digital hingga 100 kali zooming.

Gak perlu khawatir soal stabilisasi gambar saat melakukan zooming. Sebab, kamera utama dan telephoto di smartphone ini juga dilengkapi dengan OIS yang andal.

Sama halnya, kamera ultrawide 12 MP juga dapat dijajal untuk mengambil foto konser di angle yang berbeda. Di Samsung Galaxy S22 Ultra, penggemar swafoto dapat memanfaatkan kamera depan dengan sensor 40 MP yang menghasilkan foto selfie dengan detail menakjubkan.

iPhone 14 Pro

Apple Fanboy, terutama buat pengguna iPhone 14 Pro Series, gak perlu khawatir hasil fotonya jelek saat mengabadikan suasana konser yang lumrahnya diadakan di malam hari atau di stadion dengan pencahayaan yang kurang mumpuni.

Smartphone baru Apple ini memiliki kamera utama yang andal banget buat memotret low-light, begitu juga buat kalian yang gemar memotret dari kejauhan. 

iPhone 14 Pro Series mengusung kamera utama 48 MP dengan ukuran sensor dan bukaan lensa yang besar. Kamera ini juga didukung oleh sensor-shift OIS, sehingga ngerekam video atau mengambil foto di malam hari bakal lebih stabil, minim noise, dengan detail dan warna yang tetap oke.

Baca juga: 10 Smartphone dengan Kamera Low Light Terbaik

Memotret atau merekam video dari jarak jauh juga bisa dilakukan dengan kamera telephoto 12 MP yang didukung OIS juga. Pembesarannya dapat dilakukan hingga 3 kali secara optikal. 

Kalau ingin fotonya kelihatan panggung, penonton, dan objek lainnya, bisa banget memanfaatkan kamera ultrawide 12 MP. 

Mengabadikan momen dengan angle yang lebih luas bisa memanfaatkan kamera ultrawide 12 MP. Selfie juga no worry dengan iPhone 14 Pro Series, karena kamera 12 MP siap menghasilkan gambar bermutu tinggi.

Huawei P50 Pro

Momen-momen terbaik yang terjadi saat konser berlangsung bisa kalian abadikan juga menggunakan kamera Huawei P50 Pro. Dengan kamera yang diracik langsung oleh kerja sama antara Huawei dan Leica, kebayang dong kualitasnya bakal sebagus apa?

Ponsel yang masih masuk ke dalam daftar smartphone dengan kamera terbaik versi DxOMark ini punya kamera dengan resolusi yang tak ‘sewow’ Galaxy S23 Ultra. Kamera utamanya 50 MP dengan bukaan lensa f/1.8 yang sensitif terhadap cahaya.

Kamera utama ini cocok digunakan pada kondisi low-light, yang identik juga dengan suasana konser yang biasanya digelar pada malam hari. Kamera utama P50 Pro sudah didukung OIS, sehingga video yang direkam juga bakal tetap stabil dan tak banyak noise.

Sama seperti kompetitor, Huawei P50 Pro dilengkapi kamera periskop 64 MP dengan kemampuan 7x lossless zoom dan sudah didukung OIS. Personel band atau grup musik yang bisa dipotret dengan amat baik oleh kamera ini, meski diambil dari kejauhan.

Sepasang kamera lainnya, 13 MP ultrawide dan 40 MP monokrom dapat kalian coba juga untuk memotret dengan angle yang berbeda. Di depan, kamera selfienya 13 MP.

Oppo Find X5 Pro

Rekomendasi smartphone yang cocok buat mengabadikan momen saat konser adalah Oppo Find X5 Pro. Kalau Huawei didukung oleh teknologi dari Leica, Oppo Find X5 Pro mengusung teknologi pencitraan dari hasselblad dan chip MariSilicon X. 

Kamera utama Oppo Find X5 Pro menggunakan sensor 50 MP yang didukung sensor-shift OIS. Meski tak ada kamera periskop, kalian bisa memanfaatkan kamera telephoto 13 MP untuk memotret dari kejauhan.

Baca juga: 5 Fitur Kamera Samsung Galaxy S23 Ultra yang Bikin Kreator Full Senyum

Nah, kalau kalian sukanya foto ultrawide, Oppo Find X5 Pro jadi gadget yang paling pas. Sensornya 50 MP, sehingga dapat mengambil gambar dengan sudut pandang yang luas dan kualitas yang mumpuni. 

Adapun kamera depannya 32 MP, jadi ambil swafoto hingga vlogging saat konser berlangsung juga bisa dengan Oppo Find X5 Pro.

Vivo X80 Pro

Smartphone berikutnya dengan kamera yang bagus banget buat memotret momen terbaik saat konser berlangsung adalah Vivo X80 Pro. Buat nge-vlog atau sekadar jepret sana-sini, kamera Vivo X80 Pro terbilang sangat proper, karena kameranya dilengkapi teknologi bernama gimbal OIS.

Teknologi ini diklaim lebih stabil ketimbang OIS pada umumnya, dan gimbal OIS pun disematkan pada kamera telephoto 12 MP yang punya kemampuan 2x optical-zoom. Alhasil, mengambil video atau foto dari kejauhan dijamin memiliki kualitas yang mumpuni.

Baca juga: Review Vivo X80 Pro: Gampang Panas, Kamera Bikin Takjub

Kamera utama smartphone ini pun bagus kualitasnya. Menggunakan sensor 50 MP dengan bukaan lensa f/1.6 dan sudah didukung OIS pula, keluaran gambarnya memiliki warna yang kaya dan minim noise.

Vivo X80 Pro pun dilengkapi kamera periskop 8 MP dengan kemampuan 5x optical-zoom dan sudah didukung OIS. Kamera ultrawide di smartphone ini pun tak boleh kalian lewatkan begitu saja, karena menggunakan sensor 48 MP dengan detail yang tajam. 

Adapun kamera depannya, kalian disuguhi kamera selfie 32 MP.

Asus Zenfone 9

Di antara smartphone lainnya, Asus Zenfone 9 memang punya konfigurasi kamera paling sederhana. Cuma dua kamera belakang dan satu kamera depan saja yang diusung oleh suksesor Zenfone 8 tersebut.

Kendati begitu, kualitasnya ajib dan gak malu-maluin. Ngebantu juga buat kalian yang senang memotret atau mengambil video saat konser musik berlangsung. 

Kamera utama smartphone ini menggunakan sensor 50 MP dari Sony IMX766 yang premium. Kamera ini pun sudah dilengkapi gimbal OIS yang jauh lebih stabil dari OIS pada umumnya.

Baca juga: Review Kamera Asus Zenfone 9: Motret Asyik Tanpa Cela

Kamera ultrawide 12 MP di Asus Zenfone 9  juga bisa kalian gunakan untuk mengambil angle yang lebih luas. Sudut pandangnya 113 derajat, dengan keluaran foto tanpa efek yang melengkung di setiap sudutnya. Di depan, ada kamera 12 MP dengan detail yang tak kalah tajam dari pesaingnya.

Xiaomi 12 Pro

Xiaomi menjual smartphone dengan kamera berkualitas bagus, terutama buat kalian yang doyan ngonten. Xiaomi 12 Pro namanya, smartphone ini dilengkapi tiga kamera 50 MP di belakang yang kualitasnya gak main-main.

Ada kamera utama 50 MP dengan OIS, ada juga kamera telephoto 50 MP dengan perbesaran optik hingga 2 kali, sampai kamera ultrawide 50 MP yang bisa menghasilkan gambar berkualitas tinggi.

Perpaduan ketiganya memungkinkan kalian menghasilkan banyak konten dengan ragam angle, tanpa perlu ribet membawa lensa tambahan. 

Sementara di depan, tersedia kamera selfie 32 MP yang kualitasnya pun gak malu-maluin.

Realme GT Neo 3

Last but not least, Realme GT Neo 3. Smartphone ini membawa kamera 50 MP dengan sensor Sony IMX766 yang serupa dengan Asus Zenfone 9. Ditambah dengan OIS, pengambilan gambar di saat low-light dijamin minim noise dan tetap stabil.

Gak usah deh kalian membawa tripod atau gimbal lagi, cukup mengandalkan perpaduan OIS dan EIS (electronic image stabilization) di smartphone ini saja buat ngonten sepuasnya.

Kamera lainnya bisa kalian manfaatkan, seperti kamera ultrawide walau tak terlalu maksimal resolusinya. Ya, Realme GT Neo 3 cuma disematkan kamera ultrawide 8 MP saja. Ada juga kamera makro 2 MP, tapi bakal jarang banget kalian manfaatkan saat konser berlangsung.

Nah buat kamera depannya, tersedia kamera selfie 16 MP dengan kualitas yang baik. 

Itu dia rekomendasi smartphone dengan kamera paling oke buat mengabadikan momen saat konser, baik itu video maupun foto. Mana favorit kalian?