Rencana Suzuki India Luncurkan Wagon R Listrik

08 June 2018 - by

Kabar kendaraan listrik tidak melulu dari Amerika, Eropa, maupun China. Di belahan bumi lain di Asia Selatan, yakni India, kendaraan tanpa menenggak bahan bakar tersebut juga menjadi isu hangat yang sedang diperbincangkan.

Hingga beberapa pabrikan di sana merencanakan untuk mengembangkan kendaraan listrik ramah kantong.   

Indianautosblog melansir, Suzuki dan Toyota bersama Denso sedang menjalin kerjasama untuk mendirikan pabrik baterai lithium-ion di India. Akhir bulan lalu, ketiga perusahaan besar tersebut mengumumkan rencananya untuk menyediakan dukungan teknologi pada Suzuki demi mengembangkan mesin yang ultra-high efisien. 

Advertising
Advertising

Berdasarkan perjanjian yang telah ditandangani, Suzuki akan membuat kendaraan listrik tidak hanya untuk keperluan sendiri, tetapi juga untuk Toyota yang dapat menjualnya secara lokal melalui anak perusahaannya, Toyota Kirloskar Motor. 

Pabrikan berlambang S bahkan berencana untuk memproduksi 30 ribu hingga 50 ribu kendaraan listrik per tahun yang dimulai pada tahun 2021, termasuk di dalamnya Suzuki Wagon R listrik yang digadang-gadang produksinya akan lebih besar. 

35 Ribu Wagon Listrik pada Tahun 2020

BusinessLine melansir bila Wagon R listrik akan diluncurkan pertama kali pada tahun 2020, sesuai rencana jangka pendek Suzuki yang akan mengenalkan kendaraan nol emisi tersebut pada tahun yang sama.   

Jenama Jepang ini sudah melakukan survei pada konsumen yang dilakukan sejak awal tahun untuk mengetahui minat kendaraan bebas emisi tersebut. Laporan terbaru menyebutkan, Wagon R adalah model yang tepat untuk pengembangan era mobil listrik di India. 

Tidak main-main, Suzuki bahkan akan membangun pabrik baterai lithium-ion di wilayah Gujarat. Produksinya akan berlangsung di bawah perusahaan patungan yang didiriakn Suzuki 50 persen, Toshiba 40 persen dan Denso 10 persen.

Produksi Wagon R listrik diperkirakan akan berlangsung di pabriknya di Gujarat, karena memproduksi kendaraan yang dekat dengan basis pemasok komponen akan menjaga biaya tetap rendah. 

Kemungkian lain adalah Suzuki akan membuat Wagon R listrik di pabrik yang ada di wilayah Gurgaon, tempat Wagon R saat ini dibuat. Selain itu, Wagon R listrik juga akan menyabet kendaraan hemat kantong, karena motor listriknya merupakan produksi lokal beserta komponen utama lainnya.    

Mengenai harganya, belum ada keterangan yang dibeberkan Maruti Suzuki (agen pemegang merek Suzuki di India). Sejumlah spekulasi menyebutkan harganya mendekati harga Wagon R saat ini yang dijual di India dari harga Rp 124 hingga 144 juta.