Review: Asus ZenFone Max Plus M1, Juara Baterainya

19 April 2018 - by

Uzone.id - Asus dengan ZenFone seri Max memang jajaran ponsel dengan kapasitas baterai yang besar. Termasuk yang satu ini, Asus ZenFone Max Plus M1.

Semakin canggih ponsel, biasanya baterainya memang semakin boros. Sudah risiko. Makanya kalian pasti sering sekali melihat pengguna yang terlihat repot menenteng-nenteng ponsel beserta power bank.

Tapi itu tidak saya alami selama memakai Asus ZenFone Max Plus M1, baterainya bisa tahan lebih dari seharian. Tapi mungkin saya bicarakan dulu soal desainnya.

Asus ZenFone Max Plus M1 / © Trisno Heriyanto (uzone.id)

Desain Kekinian yang Elegan

Asus ZenFone Max Plus M1 padahal bukan ponsel kelas atas. Harganya sekitar 2,7 juta, tapi desainnya dibuat seperti standar ponsel mahal kekinian.

Pertama, bodinya dibuat dari metal. Belakangnya dibuat agak melengkung agar bisa lebih enak digenggam. Tapi sayangnya terasa licin dan mudah meninggalkan jejak jemari.

Hal istimewa sebenarnya terletak di layar. Di display berukuran 5,7 inchi itu sudah mendukung resolusi 1440 X 720 pixel dengan rasio 18:9.

Semakin terasa kekinian karena kalau dihitung-hitung rasio antara layar dengan keseluruhan bodinya mencapai 80%.

Secara umum, layar dan bodinya enak dipakai. Sensor pemindai sidik jari yang ditaruh di belakang juga mudah diakses dengan telunjuk. Tapi ponsel bukan cuma soal bodi dan layar saja toh?

Asus ZenFone Max Plus M1 / © Trisno Heriyanto (uzone.id)

Baterai Tahan Lama

Untuk ukuran bodi 6 x 2,87 inci dengan ketebalan 0,85 inci dan bobot 160 gram, Asus ZenFone Max Plus M1 punya baterai yang sangat besar, yakni berkapasitas 4.130 mAh.

Saat diuji menggunakan PCMark Work 2.0, baterai Asus ZenFone Max Plus M1 tercatat mampu bertahan 9 jam 53 menit. Memang bukan yang paling lama, tapi angka segitu sudah di atas rata-rata kebanyakan smartphone sekarang.

Pengujian itu dilakukan dengan mensimulasikan tugas-tugas berat seperti, rendering video, mengolah data, menampilkan website seutuhnya, dengan kondisi kecerahan layar di tingkat maksimal. Intinya, ponsel 'disiksa' sedemikian rupa secara terus menerus untuk menguras baterainya.

Kondisi berbeda saat ponsel dipakai untuk kebutuhan sehari-hari. Pengalaman saya menggunakan Asus ZenFone Max Plus M1 untuk chatting, email, browsing, streaming YouTube dan sesekali memainkan Clash of Royal, ponsel ini bisa bertahan lebih lama. Mungkin sekitar 12 jam.

Kamera dan Performa Cukup

Tak dipungkiri kalau kamera kebanyakan pengguna mengutamakan kamera, dari pada fungsi lainnya di ponsel. Untuk harga di bawah Rp 3 juta, sebagus apa kamera Asus ZenFone Max Plus M1?

Seperti bodinya yang kekinian, kameranya pun juga demikian. Asus ZenFone Max Plus M1 punya dua lensa, kamera utama 16 MP dan satu lagi versi wide angle dengan 8 MP.

Keduanya sama-sama kece untuk memotret dengan cahaya cukup. Apalagi ketika terik seperti di pinggir pantai.

Satu lagi yang menarik adalah mode Portrait. Memotret dalam mode ini membuat efek bokeh yang cukup kentara. Hasilnya lumayan, enggak terlalu buruk kalau hanya untuk diposting di media sosial.

Berikut beberapa hasil fotonya:

Memori Lapang

Soal memori, untuk ponsel di bawah Rp 3 juta Asus ZenFone Max Plus M1 memang tergolong mewah. Bagaimana tidak? Memori RAM-nya saja sudah 4GB ditambah memori penyimpanan internal 64GB yang masih bisa ditambah melalui slot MicroSD yang disediakan khusus.

Ya, ponsel ini memang sudah mendukung dual SIM. Tapi untungnya Asus juga masih menyediakan slot dedicated untuk pengguna yang membutuhkan penyimpanan tambahan.

Asus ZenFone Max Plus M1 / © Trisno Heriyanto (uzone.id)

Kesimpulannya

Jadi, setelah memakai Asus ZenFone Max Plus beberapa pekan, saya simpulkan ponsel ini memang cocok untuk pengguna harian yang mengutamakan daya tahan baterai.

Pengalaman saya, memakai Asus ZenFone Max Plus untuk chatting, email, akses media sosial, sesekali streaming YouTube dan main Clash of Royale, ponsel ini masih sanggup bertahan dari pagi hingga malam hari.

Bodi bagus dan enak digenggam. Kemudian kameranya cukup berkualitas dan kaya fitur, hanya saja kualitasnya bakal turun cukup signifikan ketika dipakai di malam hari.

Harganya yang dibanderol sekitar Rp 2,7 juta memang tidak bisa dibilang murah, atau mahal. Pas lah untuk semua spesifikasi, fitur dan jaminan layanan purna jual Asus.

Asus ZenFone Max Plus M1 / © Trisno Heriyanto (uzone.id)

Spesifikasi Asus ZenFone Max Plus M1:

  • Chipset: Mediatek MT6750T
  • CPU: Octa-Core 1.5 GHz
  • GPU: Mali-T860MP2
  • RAM: 4GB
  • Internal: 64 GB
  • Layar: 5.7 inchi IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
  • Resolusi: 1080 x 2160 pixels, (Kerapatan ~424 ppi )+ 2.5 D Curved dengan Gorilla Glass 4
  • SIM: Dual SIM, Nano SIM
  • Sistem Operasi: Android v7.0 Nougat
  • Baterai: 4.130 mAh