Sabar Dulu, iPad Lipat Bakal Rilis Tahun Depan

01 February 2023 - by

Uzone.id - Kalau kalian mengira Apple bakal merilis iPad terbaru di tahun ini, prediksi kalian bakal terbantahkan langsung oleh analis terkenal Ming-Chi Kuo. Kredibilitas Kuo dalam memprediksi rangkaian produk Apple selalu tepat, termasuk tentang kemungkinan Apple yang tak akan merilis iPad terbaru sampai tahun depan.

Ya, kalian gak salah baca. Apple gak berencana untuk meluncurkan iPad terbaru sampai 2024 mendatang. Ketika saat itu tiba, bukan tablet premium yang dijual Apple, melainkan iPad Mini generasi terbaru yang rilis pada Q1-2024.

Advertising
Advertising

Tapi tenang, Apple mempersiapkan hal yang baru buat kalian di tahun 2024. Ya, iPad lipat yang bakal melakukan debut perdananya pada tahun depan. 

Tablet lipat besutan Apple punya konsep desain yang agak berbeda nih. Kuo menyebut, Apple telah menggandeng perusahaan asal China bernama Anjie Technology untuk membuatkan mereka ‘penyangga serat karbon’.

Baca juga: iPad Lipat jadi Tablet 'Super Premium' yang Harganya Mahal Banget

“Anjie Technology diharapkan terus mendapat manfaat dari tren pertumbuhan perangkat lipat yang dilengkapi penyangga di masa mendatang,” ucap Kuo, di Twitter.

Hal ini mengisyaratkan kalau iPad lipat keluaran Apple akan tampil dengan desain yang agak berbeda. Kita semua tau, perangkat lipat yang beredar luas saat ini bisa berdiri sendiri, lantaran dilengkapi dengan engsel yang kuat dan fleksibel.

Seperti Samsung Galaxy Z Fold4 misalnya, dapat digunakan bak sebuah laptop mini karena layarnya dapat ditekuk dengan berbagai sudut, sesuai kebutuhan penggunanya.

Bocorannya, iPad lipat tersebut mengusung panel layar berukuran 20,25 inci saat dibentangkan. Dengan luas layar yang terbilang besar untuk perangkat tablet, otomatis form factor perangkat ini cukup tidak nyaman untuk digenggam.

Baca juga: Samsung Bocorin Rencana Apple, Rilis iPad Lipat di 2024

Lebih lanjut, Kuo mengatakan bahwa pengiriman tablet iPad pada tahun ini akan mengalami penurunan secara year on year hingga 15 persen karena kurangnya produk yang baru. 

Namun dengan hadirnya iPad Mini terbaru dan iPad layar lipat, Apple akan meningkatkan pengirimannya secara signifikan pada tahun 2024.

“Jadi, saya mengambil pendekatan yang hati-hati untuk pengiriman iPad untuk tahun 2023, memprediksi penurunan YoY sebesar 10-15 persen. Namun demikian, saya yakin dengan iPad lipat pada tahun 2024 dan berharap model baru ini akan meningkatkan pengiriman dan meningkatkan bauran produk,” pungkas Kuo.