Asuransi Tak Sanggup Tutupi Biaya Perbaikan Ferrari

16 March 2018 - by

Tahun 2012 lalu menjadi tahun paling tidak menyenangkan bagi Navraj Heran, salah satu pemilik Ferrari F40, model mobil Ferrari yang tercatat hanya diproduksi 1.315 unit. 

Saat itu Heran tengah menempuh perjalanan pulang dari sebuah pameran mobil di Vancouver, Kanada. Tak disangka, ia kehilangan kontrol atas F40 lansiran tahun 1990-nya ketika melibas jalanan basah dan akhirnya menabrak tiang telepon di pinggir jalan, beruntung Heran tidak mengalami luka parah, seperti diwartakan carbuzz, Jumat (16/3).

Advertising
Advertising

Sebagai sebuah mobil yang langka, sang pemilik tidak ingin membiarkan tunggangan kesayangannya itu dalam keadaan ringsek. Total kerusakan akibat kecelakaan tersebut ditaksir bernilai hampir 982 ribu dolar Amerika berdasarkan dokumen pengadilan setempat, padahal mobilnya sendiri berharga 696 ribu dolar Amerika. Untungnya Heran sudah mengasuransikan Ferrari-nya tersebut. 

Nasib mujur kali ini tidak lagi didapatkan Heran, alih-alih mendapatkan nilai pertanggungan penuh atas kerusakan tersebut, pihak asuransi yang dipilihnya hanya mampu membayar biaya perbaikan sebesar 790 ribu dolar Amerika. 

Tidak terima dengan klaim asuransi yang tidak dibayarkan penuh, Heran mengajukan tuntutan hukum terhadap asuransi yang dipilihnya, Insurance Corporation of Bristish Columbia (ICBC). Dalam laporannya, Heran menuntut total 982 ribu dolar Amerika untuk biaya total perbaikan juga tuntutan lain berupa perbuatan tidak menyenangkan atas penguluran waktu untuk penanganan Ferrari-nya yang dilakukan ICBC. 

Setelahnya, ICBC menuntut balik Heran karena dugaan penggelembungan dana perbaikan sebagai cara untuk mendapatkan biaya perbaikan di luar catatan polis asuransi, namun tuntutan ICBC ditolak. Sementara itu hingga story ini diturunkan, perbaikan F40 milik Heran belum terselesaikan. 

Ferrari F40 dibangun atas material yang ringan serta menggendong mesin 3 liter V8 twin turbo, membuatnya mobil street legal pertama yang mampu melaju hingga kecepatan 321 km/jam. Hanya saja tidak seperti mobil kekinian, F40 belum dilengkapi fitur keselamatan elektronik seperti ABS, EBD, BA, kontrol traksi dan kontrol stabilitas.