Sebelum Beli, Ketahui Perbedaan Kamera Mirrorless dan DSLR

19 August 2022 - by

Uzone.id - Jika diamati dari tampilan fisiknya, kamu bisa membedakan kamera mirrorless dan DSLR dengan sangat mudah sebagai perlengkapan fotografer pemula maupun kalangan para profesional.

Kamera Digital Single Lens Reflex atau DSLR merupakan pilihan kamera yang direkomendasikan kalau kamu ingin belajar fotografi lebih dalam lagi.

Advertising
Advertising

Memiliki fitur yang lengkap, kamera ini bisa memberikan hasil gambar dengan kualitas terbaik.

Sebab, kamu dengan bebas mengatur kamera sehingga bisa memberikan gambar maupun video yang sesuai. Di sisi lain, kamera jenis mirrorless menjadi pilihan tepat buat kamu yang tidak ingin tampak mencolok.

Bentuknya lebih sederhana dengan ukuran lebih kecil membuat jenis kamera ini lebih diminati dibandingkan dengan DSLR.

Perbedaan Kamera Mirrorless dan DSLR

Sama-sama digunakan untuk menghasilkan foto dan video, tahukah kamu apa saja perbedaan mirrorless dan DSLR? Supaya memudahkan saat kamu hendak membeli kamera baru nantinya, berikut beberapa perbedaan mendasar dari keduanya:

Dimensi

Perbedaan paling kentara adalah bentuknya. Kamera mirrorless memiliki dimensi lebih kecil karena fitur yang dimiliki tidak selengkap DSLR.

Namun, kamera mirrorless bisa jadi lebih unggul dan lebih banyak dipilih oleh penikmat fotografi. Sebab, kamu tidak akan terlihat mencolok saat menggunakan kamera ini untuk mencari foto di tempat yang ramai.

Bobot

Ukuran yang kecil tentu membuat kamera mirrorless jauh lebih ringan daripada kamera DSLR. Alhasil, kamera mirrorless tentu lebih nyaman ketika dibawa bepergian, terlebih kalau kamu membawa banyak barang lain. Pasalnya, kamera mirrorless tidak membutuhkan banyak ruang di dalam tas atau koper untuk tempat penyimpanan.

Fitur yang Dimiliki

Perbedaan mirrorless dan DSLR selanjutnya ada pada fitur yang disematkan. Kalau dilihat dari aspek ini, tentu kamera DSLR punya fitur yang lebih lengkap dibandingkan dengan mirrorless.

Misalnya, kontrol exposure, kualitas sensor, dan ukuran lensa yang bisa diubah. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menghasilkan gambar yang lebih berkualitas atau memunculkan efek dramatis.

Aksesori Tambahan

Selain itu, aksesori yang dimiliki kamera DSLR juga lebih banyak dibandingkan dengan mirrorless meski bentuknya sendiri cenderung lebih berat dan ukurannya lebih besar. Artinya, pengguna dapat mengganti atau memberikan aksesori tambahan pada kamera untuk memaksimalkan gambar foto maupun video yang dihasilkan.

Penggunaan Baterai

Penggunaannya yang lebih dominan pada sisi profesi membuat kamera DSLR memiliki kapasitas pakai baterai yang pastinya lebih besar dan tahan lama daripada mirrorless.

Selain agar bisa lebih lama digunakan, kapasitas baterai yang besar juga bertujuan untuk menunjang semua fitur yang ada pada kamera tersebut. Kapasitas ini juga sebanding dengan penggunaan kamera. Semakin jarang dipakai, pastinya semakin tahan lama.

Pilihan Lensa

Jenis kamera mirrorless memiliki banyak lensa yang dapat digunakan. Namun, tetap tak lebih banyak dari lensa yang dimiliki kamera DSLR. Jenisnya sendiri mulai dari Lensa Fix, Fish Eye, hingga lensa Tele yang mencapai ratusan milimeter. Setiap jenis lensa ini tentu punya fungsi, keunggulan, dan kelemahan masing-masing, ya!

Sensor yang Dimiliki

Ketika masih berada pada generasi awal, sensor yang ada pada jenis kamera mirrorless sudah pasti tidak sebanyak dan sebagus kamera DSLR. Kamera jenis ini hanya punya sebuah sensor yang berfungsi untuk mengambil gambar, mulai dari mengukur cahaya sampai mengunci fokus.

Sementara itu, sensor yang terdapat pada kamera DSLR cenderung lebih banyak, bahkan sebagian besar memakai ukuran sensor APS-C dan Full Frame serta letaknya yang tidak menyatu dengan sensor utamanya.

Inilah mengapa, bodi dari kamera DSLR sulit untuk diringkas atau dibuat dalam ukuran yang lebih kecil.

Kualitas Video

Selanjutnya, dari sisi kualitas video yang diberikan. Kamera DSLR mendukung pembuatan video dengan format HD sampai 4K. Namun, ini masih tidak lebih baik dibandingkan dengan kamera mirrorless meski kualitas video yang dihasilkan sama-sama 4K. Hanya saja, sistem pada kamera mirrorless cenderung lebih simpel daripada kamera DSLR.

Viewfinder

Viewfinder atau jendela bidik menjadi komponen pembeda berikutnya pada kamera DSLR dan mirrorless.  Jenis kamera mirrorless lebih banyak memakai teknologi Electronic Viewfinder, sehingga kamu bisa melihat hasil foto dan video sebagaimana mestinya. Akan tetapi, kamu bisa mengatur kembali gambar tersebut ketika dilihat pada layar

Sementara itu, kamera DSLR memakai teknologi Optical Viewfinder atau OVF yang memungkinkan kamu melihat hasil tangkapan lensa sebelum ditampilkan pada layar. Inilah yang menjadi kelemahan dari kamera DSLR.

Demikian tadi perbedaan mirrorless dan DSLR yang perlu kamu ketahui sebelum memutuskan membeli salah satunya untuk memenuhi hobi fotografimu. Kedua jenis kamera ini tersedia dalam berbagai merek, kamu bisa sesuaikan dengan bujet yang ada.

Beli kamera di Shopee untuk mendapatkan harga lebih bersaing dan banyak promo serta penawaran menarik yang bisa kamu dapatkan. Tak hanya itu, kamu juga dapat jualan di Shopee dengan tahapan mudah melalui web Shopee seller. Yuk, segera download aplikasi Shopee di ponselmu!