Sempat Diambil Alih Huawei, Samsung Rebut Kembali Tahta Top Smartphone Brand

30 September 2020 - by

Uzone.id - Posisi nomor satu dalam daftar Biggest Smartphone Brand sempat diambil alih oleh Huawei. Namun bulan ini, Samsung diklaim telah kembali ke posisi pertama karena telah mampu memperbesar gap pangsa pasarnya dengan kompetitor lain.

Dilansir melalui Sam Mobile, Rabu, 30 September 2020, Samsung kembali menduduki posisi pertama sebagai merek smartphone paling popular di Agustus 2020. Perusahaan asal Korea itu kini telah memiliki pangsa pasar di dunia sampai 22 persen.

Advertising
Advertising

Baca juga: 6 Fitur Penting di Huawei MateBook D15

Perusahaan peneliti Counterpoint Research mengungkap jika saat ini Samsung telah berhasil menaikkan pangsa pasar menjadi lebih besar lagi, khususnya di India dan Amerika. Sedangkan Huawei harus rela turun ke posisi dua karena pangsa pasarnyahanya 16 persen.

Padahal, April lalu, perusahaan smartphone terbesar di China itu sempat mengambil alih Samsung.

Selain Samsung dan Huawei, Apple juga masih tercatat sebagai smartphone dengan mereka yang popular di dunia, walau pangsa pasarnya hanya 12 persen. Di posisi berikutanya ada Xiaomi dengan market share 11 persen.

Baca juga: Harga Ponsel Huawei mendadak Naik

Sepertinya sanksi pelarangan produk China di India dan Amerika memberikan berkah pada Samsung. Jika di Amerika Huawei dilarang untuk bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan asal negeri Paman Sam, di India ketegangan terhadap China makin menjadi usai terjadi bentrokan antarakedua negara di perbatasan.

"Untuk Samsung, kesempatan besar untuk menaikkan kembali market share adalah dengan menyasar Eropa," ujar Kang Min-Soo, analis dari Counterpoint Research.