Serangan Malware ke Pengguna Android Indonesia Tertinggi di ASEAN

07 November 2019 - by

Ilustrasi (Foto: Digitaltrends)

Uzone.id - Perusahaan anti-virus Kaspersky menunjukan bahwa dari Januari hingga September 2019, telah memblokir sebanyak 632.451 upata serangan seluler ke pengguna ponsel di Indonesia.

Jumlah ini sekaligus menjadikan Indonesia dengan jumlah ancaman Android yang paling banyak terdeteksi di Asia Tenggara. Kaspersky juga menemukan bahwa sebanyak 29,07% pengguna Android Indonesia telah diamankan dari malware mobile selama periode yang sama.

Advertising
Advertising

Kaspersky juga menemukan 106 paket instalasi untuk Trojan mobile banking di Indonesia dari sembilan bulan pertama tahun 2019.

Ini menempatkan Indonesia di antara tiga negara teratas dengan jumlah Trojan perbankan terblokir yang termasuk Thailand (329) dan Malaysia (215).

Baca juga: Daftar Ponsel dengan Kamera 48MP

Dalam hal jumlah paket instalasi untuk Trojan ransomware seluler yang diblokir oleh Kaspersky, Indonesia memiliki jumlah tertinggi (161 paket) dan ini meningkat secara signifikan dibandingkan dengan hanya sebanyak 96 paket pada tahun lalu.

Diketahui bahwa sebanyak setengah (53%) dari populasi di Indonesia adalah pengguna internet mobile.

Baca juga: Penjelasan Ilmiah Septic Tank Meledak

Bahkan jumlah pengguna internet di negara kepulauan ini setara dengan 6,5% pengguna internet di Asia. Ini menjadikan negara Indonesia sebagai target yang menarik dan menggiurkan bagi para pelaku peretasan yang menargetkan pengguna seluler.

“Sekarang merupakan tantangan bagi semua pihak di negeri ini, baik negeri maupun swasta, untuk bekerja meningkatkan status kebersihan digital (digital gygiene) negara --- sebagaimana kami mengamankan aset digital seperti halnya melindungi properti fisik

kami,” kata Yeo Siang Tiong , General Manager untuk Asia Tenggara di Kaspersky, yang dikutip melalui keterangan resminya.

“Kita harus ingat bahwa semua pengguna harus mengerahkan upaya dalam melindungi ponsel cerdas mereka terutama karena mereka semakin menggunakannya untuk transaksi kritikal seperti berbelanja online dan perbankan online,” tambah Yeo.

VIDEO REVIEW SAMSUNG GALAXY A30s dan A20s