Seruput 4 Cangkir Kopi Sehari Turunkan Risiko Penyakit Jantung

23 June 2018 - by

Risiko penyakit jantung bisa turun bila minum kopi tanpa pemanis atau gula.

Baru-baru ini sebuah penelitian mengaitkan konsumsi kafein yang banyak ditemukan pada kopi dengan peningkatan kesehatan jantung.

Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal PLoS Biology ini bahkan menyarankan untuk mengonsumsi empat cangkir kopi sehari, karena terbukti dapat melindungi sel-sel kardiovaskular dari kerusakan.

Advertising
Advertising

Peneliti dari Heinrich-Heine-University dan IUF-Leibniz Research Institute for Environmental Medicine di Düsseldorf, Jerman, menjelaskan bahwa kafein memiliki manfaat dalam memperbaiki sel-sel pembuluh darah arteri dan vena yang rusak.

Lebih lanjut menurut penelitian yang dilansir Independent.co.uk menyebutkan, kafein mampu menginduksi pergerakan protein yang disebut p27 ke mitokondria yang pada akhirnya menyebabkan sel-sel otot jantung terlindungi dari kematian sel.

"Dalam percobaan terhadap tikus, kami menemukan kafein adalah pelindung optimal dari kerusakan jantung. Kami meyakini hal ini juga berlaku pada manusia," ujar penulis studi Profesor Judith Haendeler.

Tak hanya pada dewasa muda, risiko jantung yang lebih rendah akibat mengonsumsi kopi secara teratur juga dirasakan pada lansia. Meski demikian, Haendeler mengimbau agar masyarakat membatasi penggunaan gula pada minuman kopi untuk menghindari risiko diabetes.

"Hasil temuan ini mengarah pada cara mudah untuk melindungi otot jantung dari kerusakan, yakni dengan mengonsumsi kopi maksimal empat cangkir per hari tanpa pemanis," tandas dia.

 

Berita Terkait: