Setahun, Huawei Jual Smartphone Lebih Banyak daripada Apple

03 February 2020 - by

(foto: Unsplash)

Uzone.id - Rupanya pencekalan Google terhadap Huawei tidak berpengaruh pada penjualan smartphone Huawei. Tahun ini malah smartphone Huawei diklaim terjual lebih banyak ketimbang Apple.

Data dari Counterpoint Research dan Strategy Analytics menyebut jika penjualan smartphone Huawei tahun ini mencapai 240 juta unit smartphone. Sedangkan Apple hanya menjual 197 juta unit smartphone sepanjang tahun 2019.

Advertising
Advertising

Angka penjualan smartphone Huawei tahun ini juga melebihi apa yang telah dijual Huawei 2018 lalu. Bedanya sekitar 35 juta unit dibanding 2018.

Baca juga: Virus Corona Mewabah, Pabrik Chip di Wuhan Tetap Beroperasi

Data tersebut, menurut Business Insider, berarti bahwa Huawei telah mengambil alih posisi Apple sebagai smartphone nomor dua terbesar di dunia. Sedangkan posisi pertama masih dipegang oleh Samsung dengan penjualan 295 juta unit tahun ini.

Ini bisa disebut kemenangan bagi Huawei, yang smartphone-nya dilarang menggunakan Android dan mengambil aplikasi dari Google PlayStore. Pencekalan Google terhadap Huawei dimulai pada Mei 2019.

Yang dikhawatirkan analis pasar atas pencekalan ini ternyata tak terbukti. Huawei P30 Pro dianggap sebagai smartphone dengan performa yang baik, khususnya dari sisi kamera.

Huawei juga akan berinvestasi untuk membangun platformn-nya sendiri, yang digadang akan bisa mengalahkan dominasi Google. Mereka telah menyiapkan US$3 miliar tahun ini sebagai insentif kepada 4000 developers untuk menciptakan ekosistem aplikasi Huawei. Tak lupa investasi miliaran lainnya untuk kepentingan marketing.

Lagipula selama ini Huawei sudah memiliki ekosistem sendiri di China tanpa Google. Bertahun-tahun semua warga di China tak pernah menggunakan aplikasi buatan Google, melainkan aplikasi buatan lokal. Tantangannya adalah menciptakan replikasi tersebut untuk pasar Eropa dan negara barat lainnya.