Setelah Crossover, Perlukah Kita Menanti Xpander 1.300cc?

07 November 2019 - by

Uzone.id - Mitsubishi menutup tahun ini dengan senjata andalan terbarunya, guna terus mencoba mengganggu dominasi Avanza di pasar otomotif Tanah Air.

Sebuah MPV crossover terbaru, yang berbasis dari Xpander siap diluncurkan 12 November 2019.

Langkah ini bakal ngebuat segmentasi Xpander semakin lebar, karena gak cuma menawarkan sebuah low MPV, tapi juga low MPV yang bergaya crossover.

Advertising
Advertising

Baca juga: Penampakan Resmi Xpander Crossover, Meluncur 12 November

Nah, ditengah rencana tersebut, kita juga gak bisa melupakan begitu aja rumor soal rencana Mitsubishi untuk menghadirkan Xpander versi mesin 1.300cc.

Xpander mesin kecil tersebut tentu aja ditujukan untuk semakin mengganggu Avanza yang juga penjualannya sebenernya didominasi Avanza yang bermesin 1.300cc bukan 1.500cc seperti Xpander.

Tapi pertanyaannya, apakah Xpander 1.300cc itu perlu kita nantikan?

Bisa iya, bisa juga gak perlu. Kenapa? Karena secara umum, secara umum ya, Xpander dengan mesin lebih kecil barangkali dan kemungkinan besar hanya akan memberikan benefit dari sisi harga jualnya aja yang lebih murah.

Sisanya? Fitur barangkali akan berkurang, dan yang paling mengkhawatirkan adalah sisi performa mesin yang pastinya bakal menurun, karena menggunakan mesin yang lebih kecil, pastinya output tenaga pun berkurang.

Tapi, karena secara harga jual harusnya bisa lebih murah layaknya Avanza 1.300cc, maka ini bakal jadi keuntungan lebih, baik untuk konsumen maupun Mitsubishi sendiri.

Xpander yang tadinya kurang bisa menjangkau semua kalangan karena banderolnya yang diatas rata-rata sebuah low MPV, bisa lebih terjangkau dengan hadirnya versi mesin 1.300cc.

Karena biar bagaimanapun, berkaca aja pada popularitas Avanza, khususnya di daerah-daerah, yang membeli mobil murni sebagai fungsi, gak memikirkan spek, fitur, apalagi performa.

Dengan Xpander 1.300cc, orang-orang yang ingin punya mobil layaknya sebuah XPander bakal senang dan membelinya, karena mereka tau, ketika dipakai di jalanan, bakal sulit membedakan Xpander ini menggunakan mesin 1.500cc atau 1.300cc--jadi yang penting pakai Xpander!

Nah, kemungkinan-kemungkinan ini yang sepertinya bakal semakin seru ke depannya. Bisa saja, Mitsubishi memang sudah menyiapkan amunisi tersebut, namun hanya tinggal menunggu moment yang tepat untuk menghadirkannya.

Setidaknya, ketika Toyota bisa berjaya dengan mengandalkan Avanza 1.300cc yang pada akhirnya hanya dilihat sebagai Avanza, Mitsubishi pun bisa melakukan hal yang sama.

Tonton Video Ngobrolin Cara Gampang Milih Mobil Bekas Biar Gak Ketipu: