Siap-siap WhatsApp Terblokir, Begini Cara Transfer Kontak

01 January 2017 - by

Menjelang penutupan tahun 2016, WhatsApp pun akan menghentikan dukungan terhadap jutaan pemilik smartphone yang mengoperasikan sistem operasi tua. Namun, ada beberapa langkah untuk mem-back up percakapan, kelompok obrolan, kontak dan banyak lagi ke ponsel baru Anda, dilansir dari Express.

1. Cara back-up percakapan, kontak, foto di Android

Cara paling sederhana memastikan keberadaan percakapan WhatsApp sebelumnya dengan memindahkan ke ponsel Android baru dengan Google Drive.

Google solusi penyimpanan awan hanya bekerja jika Anda memiliki Google Play dan Anda memiliki penyimpanan gratis yang cukup pada ponsel.

Pilih Tombol Menu> Settings> Chatting> Obrolan Backup.

Tekan pada Back Up ke Google Drive dan mengatur frekuensi backup yang Anda inginkan atau tekan Back Up untuk memulai backup langsung.

Selanjutnya, Anda akan diminta memilih Akun Google untuk menggunakan back-up riwayat obrolan.

Jika Anda tidak memiliki akun Google, ketuk Tambah Akun ketika diminta untuk menetapkannya.

 

2. Cara Back-Up Chatting, Kontak, Foto di iPhone

Back-up iPhone biasanya disimpan di server Apple iCloud.

Untuk itu, buka WhatsApp Settings> Chatting> Chat Backup dan tekan Back Up Now.

Atau, Anda dapat mengaktifkan otomatis, dijadwalkan back-up data Anda dengan menekan Auto Backup dan kemudian memilih frekuensi back-up.

Ini akan membuat cadangan obrolan dan media tersimpan di akun iCloud Anda.

Dalam Pengaturan WhatsApp> Chatting> Chat menu Backup, Anda dapat memilih menyertakan atau mengecualikan video dari cadangan untuk menghemat ruang pada iCloud.

Berhati-hatilah, proses backup iCloud dapat mengambil beberapa saat untuk menyelesaikan, tergantung pada koneksi internet Anda dan ukuran back-up.

 

3. Cara Mengubah Nomor Telepon Link pada Akun WhatsApp di Ponsel Baru

Berhati-hatilah, ketika Anda mengubah nomor telepon yang terhubung ke akun WhatsApp, itu akan bermigrasi semua informasi akun Anda (termasuk informasi profil), kelompok dan pengaturan dari nomor telepon lama ke yang baru.

Pertunjukan ini akan menghapus akun yang terkait dengan nomor telepon lama Anda, sehingga kontak tidak bisa lagi melihat nomor telepon lama Anda di daftar kontak mereka WhatsApp.

WhatsApp juga secara khusus memperingatkan pengguna untuk tidak menukar kartu SIM atau telepon secara sering karena dapat menciptakan masalah dalam proses verifikasi.

Untuk mengubah nomor telepon yang dikaitkan dengan akun WhatsApp Anda pada Android, masukkan kartu SIM baru ke perangkat dan operasikan WhatsApp.

Arahkan ke WhatsApp> Tombol Menu> Settings> Account> Ganti Nomor mengasosiasikan nomor baru dengan aplikasi chat.

Masukkan nomor ponsel lama di kotak atas, dan kemudian mengisi nomor telepon baru Anda di kotak bawah.

Tekan Done di bagian atas layar. Anda akan diminta untuk memverifikasi telepon baru.

Untuk pemilik iPhone, ikuti langkah persis sama, kecuali bahwa menu ini terletak dalam Pengaturan> Akun> Ganti Nomor.

Pada BlackBerry, pilih Settings> Account> Ubah Nomor saya.

Seperti diketahui, berikut daftar perangkat yang tidak akan lagi mendukung WhatsApp pada 2017:

1. Perangkat yang menjalankan Android 2.1

2. Perangkat yang menjalankan Android 2.2

3. Windows Phone 7

4. iPhone 3GS

5. Perangkat yang menjalankan iOS 6

Meskipun tidak ada tanggal resmi penyudahan dukungan WhatsApp dari perangkat dengan OS lama, tampaknya 1 Januari banyak penggemar WhatsApp membutuhkan pembaruan pada smartphone mereka.

Dari pemberitahuan penyudahan dukungan itu, WhatsApp kemudian memperbarui posting blog awal untuk mengkonfirmasi bahwa itu akan memperluas dukungan BlackBerry OS, BlackBerry 10, Nokia S40 dan Nokia Symbian S60 hingga 30 Juni 2017.

 

Berita Terkait: