Spek Asus ExpertBook B3000, Laptop Murah dengan Chip Snapdragon

pada 1 tahun lalu - by

Uzone.id -Asus ExpertBook B3000 boleh dibilang menjadi laptop dengan desain dan fungsi yang unik. Laptop ini berukuran kecil, Asus ExpertBook B3000 juga ditenagai oleh spesifikasi yang tak biasa, dan bisa dipergunakan sebagai tablet denganstylusyang bisa diandalkan oleh semua orang.

Ya, bukan dengan Intel atau AMD yang biasanya disematkan di laptop pada umumnya, Asus ExpertBook B3000 justru ditopang oleh prosesor Snapdragon 7c Gen 2 buatan Qualcomm.

Prosesormobileini memang diperuntukkan buat perangkat berlayar besar dan memiliki keunggulan dalam hal efisiensi dayanya. Namun bukan berarti performanya ‘dikorbankan’, malah kinerjanya dirasa pas untuk mendukung aktivitas pengguna seharian.

Diklaim Senior Manager Business Development Qualcomm Indonesia, Domunikus Susanto, dengan prosesor ini, kelebihan yang biasanya hanya terdapat dismartphonesaja, bisa dirasakan oleh para pengguna laptop juga.

Salah satunya adalah baterai. Menurutnya,chipsetini mampu membuat laptop bisa bertahan hingga sehari penuh. Tentu saja dengan jenis pemakaian normal, bukan ekstrem sepertigaming.

Baca juga:Review Kamera Asus Zenfone 9: Motret Asyik Tanpa Cela

Bukan cuma membuat baterai jauh lebih hemat, laptop dengan prosesor Snapdragon 7c Gen 2 pun dapat dirancang tanpa kipas ataufanless. Alhasil, menggunakan laptop ini akan terasa senyap tanpa ada suara kipas yang bising.

Hal inilah yang membuat Asus ExpertBook B3000 terasa lebih menarik ketimbang laptopentrydi kelasnya. Dibuat tipis dengandetachable keyboard, membuatnya seperti ‘laptop kelas premium’ yang harganya bisa puluhan juta rupiah.

Ya, dengan desainkeyboardyang bisa dilepas pasang, membuatnya dapat difungsikan sebagai tablet juga. Kebayang kan, bagaimana enaknya menggunakan laptop berbasis Windows 11 Home?

Apalagi, layar Asus ExpertBook B3000 pun dibekali dengan layar IPS LCDtouchscreenberukuran 10,5 inci dengan resolusi tinggi WUXGA atau 1.920 x 1.200 piksel. Belum lagi dengan adanyastylusyang terletak di tepian atas bodinya, berguna untuk menggambar maupun menulis.

Spesifikasi dan harga Asus ExpertBook B3000 di Indonesia

Bukan hanya ditunjang oleh Snapdragon 7c Gen 2 saja, Asus ExpertBook B3000 yang beredar di Indonesia dilengkapi dengan RAM 8 GB LPDDR4x dan memori penyimpanan 128 GB berjenis eMMC.

Kemudian untuk baterai, kapasitasnya 38 Whrs yang diklaim dapat bertahan hingga 21 jam untuk pemakaian normal. Didukung juga denganfast charging45W via kabel USB-C.

Seperti tablet juga, ada sepasang kamera di depan dan belakang yang bisa banget untuk mendukung kebutuhan rapat maupun belajar secaraonline. Di depan, ada kamera selfie 5 MP dan di belakang 13 MP.

Baca juga:10 Laptop Murah Buat Mahasiswa, Ngerjain Tugas Lancar, Nge-game Mulus

Proses pencitraan kamera tersebut didukung oleh AI (artificialintelligence) dan ISP Spectra dari Qualcomm. Alhasil, keluaran gambarnya punya kualitas yang lebih baik.

Dengan prosesor Snapdragon 7c Gen 2 juga, sektor audio dari laptop ini juga ditingkatkan. Noise saat melakukan rapat online bisa hilang berkat dukungan AI, dan semuanya dilakukan tanpa membuat boros baterai.

Terus, bagaimana soal harganya? Asus ExpertBook B3000 dijual dengan harga Rp7,3 jutaan saja. Harganya memang setara dengan tablet Android kelas menengah yang beredar di Indonesia. Tertarik, Uzoners?