Stand Monitor Dijual Rp 14 Juta, Fans Apple ‘Ngamuk’

05 June 2019 - by

Seperti telah diperkirakan sebelumnya, Apple akhirnya menerima hujatan dari penggemarnya soal harga Pro stand monitor Mac Pro yang dijual dengan harga kurang “masuk akal”.

Apple merilis monitor terbaru bernama Pro Display XDR dengan resolusi 6K yang bisa dipadukan dengan Mac Pro 2019. Namun monitor yang dibandrol dengan harga USD$ 4.999 atau Rp 71 juta itu belum termasuk stand atau penyangga.

Apple menjual monitor dan peyangga secara terpisah. Harga peyangga atau Pro Stand yakni USD$ 999 atau Rp 14 Juta. Pro Stand. Hal inilah yang diprotes oleh pengguna, karena manganggapnya terlalu mahal.

{Baca juga: Mahal! Monitor Mac Dibandrol Rp 71 Juta Tanpa Penyangga}

Meski menurut Apple stand monitor itu dibuat untuk memudahkan pengguna, karena bisa diatur dalam posisi tegak ataupun diubah ketinggiannya. Namun harga tersebut dianggap tidak masuk akal, karena terlalu mahal.

“Walaupun kelihatannya cukup bagus, tapi harganya setara dengan beberapa komputer yang dijual Apple, dan sama dengan harga iPhone. Harganya mahal, tapi tidak sesuai fungsinya,” ketus seorang pengguna, dikutip dari Mashable.

“Saya tetap tidak bisa melihat justifikasi stand monitor seharga USD 999. Dan kalau dilihat, banyak fans Apple yang mempertanyakan soal harga yang terlalu mahal,” tulis seorang fans Apple.

Sebelumnya, Apple merilis monitor terbaru bernama Pro Display XDR di acara Apple Worldwide Developers Conference (WWDC 2019) di San Jose, Amerika Serikat pada Senin (03/06).

Di ajang WWDC itu juga Apple mengumumkan kehadiran Mac Pro 2019. Dengan tampilan yang lebih baru Apple Mac Pro 2019 dibandrol dengan harga USD$ 5.999 atau Rp 85 juta.

Tampilan Mac Pro cukup unik, karena memberikan desain perutan keju yang pernah diterapkan di perangkat Mac Pro terdahulu.  Mengusung frame stainless-steel dan case alumnium memberikan akses tanpa batas ketika interior Mac Pro dilepas, sehingga mudah jika dilakukan modifikasi peningkatan perangkat.

{Baca juga: Live Streaming WWDC 2019 Bisa di Apple Store}

Diameter perangkat ini adalah 52,9 cm x 21,8 cm x 45 cm dengan berat 18 kg. Sistem operasi Mac Pro 2019 adalah macOS Catalina dengan prosesor Intel Xeon W.  Mac Pro juga dibekali dengan 3.5GHz octa-core yang dapat diperbesar hingga prosesor 2.5GHz 28-core dengan cache 66.5MB.

Sehingga jika ingin membeli 1 paket maka Anda harus mengeluarkan uang USD$ 11.997 atau Rp 170,4 juta dan akan dilepas ke pasar pada September mendatang. Jadi apakah Anda tertarik untuk membeli perangkat terbaru Apple ini? [HBS]

Artikel Stand Monitor Dijual Rp 14 Juta, Fans Apple ‘Ngamuk’ dan berita teknologi terkini lainnya bisa Anda dapatkan di Telset.