Stop Kebiasaan Membuang-buang Makanan, Ini Alasannya

pada 8 tahun lalu - by
Advertising
Advertising


Mungkin Anda pernah mendengar wejangan orangtua untuk selalu menghabiskan makanan di piring dan jangan membuang-buang makanan. Alasan utama, karena pamali. Alasan lainnya, karena sifat tenggang rasa terhadap orang-orang yang kurang mampu.

Satu atau dua orang membuang makanan mungkin tidak akan memberi pengaruh apapun. Namun, apa jadinya jika jutaan orang berpikir membuang-buang makanan adalah hal yang lumrah?

Asal tahu saja, saat ini negara-negara di Asia Pasifik tengah menghadapi problema limbah pangan yang sangat kronis. Jumlah makanan yang dibuang di wilayah itu begitu banyaknya, sampai-sampai berisiko membahayakan masa depan ketahanan pangan di regional itu.

Kini, para tenaga ahli anggota APEC sedang putar otak untuk mengurangi jumlah limbah pangan di Asia Pasifik. Kepala APEC Policy Partnership on Food Security, Juan Carlos Gonzales, meneliti bahwa sekitar 40 persen dari kasus pembuangan makanan di Asia Pasifik dilakukan oleh konsumen dan peritel.

“Di kawasan ini, total jumlah makanan yang dibuang setiap tahunnya setara dengan angka untuk mencukupi kebutuhan pangan 800 juta orang di bawah garis kemiskinan selama 16 bulan,” katanya.

Dibutuhkan edukasi yang mengena di kalangan konsumen untuk tidak membuang-buang makanan, termasuk bagaimana mengubah kebiasaan para manajer supermarket, chef, konsumen rumah tangga, hingga murid-murid sekolah.

Dengan berupaya menyetop kebiasaan konsumen dalam membuang-buang makanan, diharapkan angka limbah pangan dapat berkurang seiring dengan semakin tingginya permintaan atas pangan.

Dengan menghentikan kebiasaan membuang-buang makanan, lanjutnya, Anda turut serta membantu produktivitas sektor tenaga kerja, penghematan rumah tangga, pengentasan kemiskinan, pengurangan emisi karbon, dan pemulihan kerusakan lingkungan.

BISNIS

Berita lainnya:
Obat-obatan, Alternatif Pengobatan Leukemia
Sate Maranggi di Rimbunan Pohon Jati Purwakarta
Kerusakan Kulit Bisa Terjadi dalam 10 Menit

Berita Terkait: