Studi ilmuone: Uzone.id Media Nomor Satu

15 March 2019 - by

Uzone.id - ilmuOne Data merilis studi mengenai industri kabar berita online di Indonesia untuk periode Januari 2019. Hasil studi tersebut menempatkan Uzone.id sebagai salah satu media nomor satu.

Tercakup dalam studi ini adalah data peringkat, monopoli market, pertumbuhan dan intensitas interaksi atau keterlibatan pengunjung setiap media yang dapat dikategorikan sebagai media kabar berita online.

Sumber data untuk studi ini adalah Comscore, sebuah analytics software dengan lebih dari 100 juta populasi digital yang dapat memberikan marketing insights untuk media-media di berbagai industri. Parameter Comscore yang digunakan untuk mengevaluasi hal-hal diatas adalah Total Unique Visitors (TUV) dan Average Minutes per Visitor (AMV).

Unique Visitors dalam hal ini dapat didefinisikan sebagai jumlah individu yang mengunjungi suatu media atau kategori dalam bulan atau periode pelaporan tertentu.

Selama setahun terakhir (Januari 2018 – Januari 2019), riset Comscore menunjukkan bahwa secara keseluruhan, industri kabar berita online di Indonesia mengalami peningkatan dalam  jumlah TUV sebayak 27.7%. Media yang mengalami peningkatan TUV terbesar sejak Januari 2018 adalah Kumparan.com (272%), dengan TUV awal sebanyak 1,7 juta dan TUV akhir sebanyak 6,5 juta.

Dari segi TUV Januari 2019, kabar berita online nomor satu di Indonesia adalah Tribunnews.com dengan nomor kunjungan per bulan sebanyak 31.9 juta. Sedangkan dari segi AMV, Uzone.id menduduki nomor satu dengan waktu kunjungan rata-rata 63 menit per bulan per pengunjung.

Tiga konglomerat kabar berita dengan TUV terbesar di Indonesia adalah: Kompas Gramedia (38,8 juta), KLY Kapanlagi Youniverse (26,7 juta) dan Trans Media (23,8 juta). Gabungan TUV ketiga konglomerat ini memonopoli 50% populasi digital di Indonesia.

Dalam kata lain, 1 dari 2 penduduk Indonesia mengunjungi setidaknya satu kali salah satu dari media berita milik Kompas Gramedia, KLY atau Trans Media pada bulan Januari 2019 lalu.

Kontribusi TUV terbesar Kompas Gramedia datang dari Tribunnews.com, Kompas.com dan Grid.id. Sedangkan untuk KLY adalah Liputan6.com, Kapanlagi.com dan Merdeka.com dan untuk Trans Media, Detik.com, CNNIndonesia.com dan CNBCIndonesia.com.