Studi OpenSignal: Kecepatan & Pengalaman Internet, Telkomsel Juara

04 July 2019 - by

Uzone.id - Bagi kamu yang gak bisa lepas dari internet, pasti sudah gak asing dengan tool untuk menguji kecepatan internet OpenSignal.

Nah, baru-baru ini OpenSignal baru saja mempublikasikan sebuah laporan berjudul ‘Pengalaman Jaringan Seluler Juli 2019.” Hasilnya?

Sebagai catatan ada lima operator yang diteliti oleh pihak OpenSignal, yakni Smartfren, Telkomsel, Hutchinson 3, XL Axiata dan Indosat Ooredo.

Survei ini juga melibatkan pengguna OpenSignal di 16 kota besar di Indonesia.

Dari laporan itu, Uzone.id mencoba merangkum dari sisi pengalaman dan ketersedian internet 4G LTE. Berikut penjelasannya.

Ketersedian Jaringan 4G: Smartfren Juara, Telkomsel Buncit

Menurut OpenSignal, jumlah pengguna di jaringan Hutchinson 3 di 4G LTE mengalami peningkatan signifikan, presentase kenaikannya mencapai 4 poin dari laporan sebelumnya.

Peningkatan terbanyak kedua soal ketersedian jaringan adalah Telkomsel dengan presentase kenaikan 3 poin.

Namun demikian, Telkomsel masih berada di posisi terbawah, sementara Smartfren terdepan.

Metrik ini bukan soal cakupan luas jaringan 4G, namun lebih pengguna 4G yang menggunakan OpenSignal untuk pengujian kecepatan internet.

Berikut daftar operatornya:

Smartfren nomor satu dan Telkomsel paling bawah

Pengalaman Video 4G: Telkomsel Tak Tertanding

Dalam laporan Kondisi Video Seluler terbaru OpenSignal terhadap  69 negara terkait skor Pengalaman Video mereka, Indonesia berada di posisi 10 negara terbawah.

Kendati perlu meningkatkan dari sisi kualitas jaringan, Telkomsel masih berusaha memberikan yang terbaik.

Telkomsel memimpin kelompok ini dengan skor 54,3, diikuti oleh XL dan Hutchinson 3 masing-masing dengan 46,5 dan 42 poin.

Sementara itu, Indosat dan Smartfren mendapatkan peringkat Buruk (0-40) dengan skor masing-masing 34,7 dan 34,4 poin.

Berikut daftarnya:

Kecepatan Download dan Upload: Telkomsel Tidak Terbantahkan

Telkomsel menjadi pemenang yang tak terbantahkan untuk metriks Pengalaman Kecepatan Pengunduhan di Indonesia.

Meskipun OpenSignal mencatatkan perubahan yang sangat kecil dalam kecepatan pengunduhan rata-rata dibandingkan laporan kami sebelumnya pada bulan Desember 2018.

Memperhatikan perincian Kecepatan Pengunduhan 4G, operator-operator Indonesia hampir mengulangi peringkat Pengalaman Kecepatan Pengunduhan mereka, kecuali Smartfren sebagai operator jaringan hanya-4G.

Jika dibandingkan dengan laporan Indonesia kami sebelumnya yang dipublikasikan enam bulan lalu, sebenarnya Kecepatan Pengunduhan 4G Telkomsel turun sebesar 1,6 Mbps menjadi 12,8 Mbps.

Namun, operator raksasa Indonesia ini tidak kalah dalam kategori Pengalaman Kecepatan Pengunduhan kami karena Ketersediaan 4Gnya yang ditingkatkan membuat perbedaan, artinya lebih banyak pengguna yang terhubung ke jaringan 4G yang lebih cepat secara lebih sering.

Berikut daftarnya:

Pun demikian dengan pengalaman saat mengunggah atau upload, di jaringan 4G Telkomsel masih yang terdepan.

Berikut daftarnya: