Subsidi Motor Listrik Rp7 Juta Disahkan Minggu Depan! Mobil Listrik Gimana?

27 January 2023 - by

Uzone.id - Pemerintah sedang menyipakan skema untuk memanjakan para pemburu mobil dan motor listrik dengan subsidi pembelian kendaraan listrik, demi mendorong minat masyarakat untuk membelinya.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pemerintah saat ini tengah berupaya untuk memfinalisasi paket insentif pembelian kendaraan listrik. 

Advertising
Advertising

Rencananya, untuk motor listrik sudah diputuskan dan akan diberikan subsidi sekitar Rp7 juta per unit. Sementara itu, untuk pembelian mobil listrik sendiri, pemerintah berencana untuk memberikan paket insentif berupa pengurangan pajak.

"Itu diberikan angkanya sudah ada, nanti diumumkan resmi kira-kira tujuh juta rupiah, nanti tepatnya akan diberitahu, mobil akan diberikan nanti insentifnya dari mungkin pajaknya yang mungkin 11 persen akan dikurangi beberapa persen," kata Luhut dalam acara Saratoga Investment Summit 2023, melansir Antara.

BACA JUGA: Sah! Mobil dan Motor Listrik Bebas Pajak di Indonesia

Luhut menargetkan pembahasan mengenai pemberian paket insentif tersebut dapat rampung pada Februari mendatang. 

"Nanti akan diumumkan semua, pasti nanti akan diprioritaskan untuk rakyat-rakyat yang sederhana," kata dia.

Skema pembelian motor listrik ini nantinya kemungkinan besar akan diterapkan pada harga jual saat konsumen membelinya. Meski begitu, Luhut belum merinci mekanisme teknisnya secara lebih detail.

BACA JUGA: Jokowi 'Presiden Otomotif' Indonesia dan Ironi Kampanye Mobil Listriknya

Sebelumnya, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita sempat mengatakan, rencana besaran subsidi kendaraan listrik yang tengah digodok pemerintah.

Untuk mobil listrik rencana awalnya akan diberikan insentif (subsidi) Rp 80 juta, mobil listrik berbasis hybrid Rp 40 juta. Juga motor listrik baru diberi insentif Rp 8 juta, sementara motor konversi diberikan insentif Rp 5 juta.

VIDEO Test Drive Toyota Voxy: