Suzuki Bandit Cuma Barang Obralan?

06 October 2018 - by

Uzone.id - Suzuki kayaknya begitu kesulitan untuk bersaing disegmen motor telanjang 150cc. Paling baru, mereka berjudi dengan Suzuki GSX Bandit 150.

Sebenarnya ngeselin juga sih, sebab Banidt ini cuma dandanan Suzuki aja, penyempurnaan minor dari GSX S 150 yang gak laku.

Banyak orang lebih memilih menunggangi Yamaha Vixion atau Honda CB150, dan memilih GSX R sekalian yang bertampang sporty dengan fairing.

Advertising
Advertising

Gak menyerah, Suzuki coba berjudi dengan membangkitkan nama besar salah satu motor ikoniknya, Bandit.

Tapi, Bandit sudah kadung identik dengan moge. Sedangkan GSX Bandit, seperti Bandit yang kurang gizi, sudah begitu masih mirip banget dengan GSX S.

Suzuki GSX150 Bandit menggendong mesin 147,3 cc satu silinder DOHC, transmisi manual 6 percepatan.

Tenaga yang dihasilkan sebesar 14.1 kw pada putaran 10500 rpm, torsi maksimumnya 14 nm pada putaran 9000 rpm.

Panjang Suzuki GSX150 Bandit 2000 mm, lebar 745 mm dan tinggi 1033 mm. Jarak sumbu roda 1300 mm, jarak dengan tanah 150mm. Berat kosong 135kg. 

Selain tampang dan spesifikasi yang sebelas dua belas, banderol yang ditawarkan pun sama, yakni Rp 26 juta.

Harga tersebut fantastis, karena Suzuki mengalah untuk menipiskan profit mereka agar punya harga jual paling murah dari para pesaing kerasnya.

Mungkin menyadari, secara spek dan citra merek, GSX meski dengan label Bandit, tetap kalah kelas. Jadi, Suzuki coba menyerang lewat harga jual miring.

Sudah begitu, masih dikasih diskon pula Rp 3 jutaan melalui program ‘Trade for Upgrade’. Artinya, banderol si Bandit cuma Rp 23 jutaan!

Coba kita bandingkan dengan Honda CB150 dan Yamaha Vixion R saat ini masing-masing dibanderol Rp 27,14 juta dan Rp 29,5 juta.

“Harga itu relatif. Dan menurut kami, harga yang kami tawarkan adalah harga yang wajar dan bisa diterima konsumen. Jadi, tidak ada strategi khusus mengenai harga,” ujar Departmen Head of Sales & Marketing 2W PT SIS, Yohan Yahya.

Suzuki memang harus bekerja lebih keras untuk menarik perhatian publik disegmen sport 150cc ini.

Dan calon korban kedua setelah GSX S adalah si Bandit ini. Padahal baru saja diluncurkan dan pastinya masih dalam eforia model baru, yang biasanya jangankan diskon, belinya aja harus inden.

Namun Bandit berbeda, dengan spesifikasi yang mirip, namun ditawarkan dengan harga yang paing murah, sudah begitu, masih dapat diskon pula sampai Rp 3 jutaan, angka yang besar untuk diskon sebuah motor lho.

"Dalam menghadirkan produk, Suzuki berupaya menghadirkan produk dengan utilitas dan kualitas tinggi. Suzuki mengutamakan sisi kenyamanan pengendara melalui jok yang nyaman di kelasnya" tutup Yohan.

Semoga si Bandit bisa sakses ya, gak cuma sekedar benda obralan, yang bikin nilainya berkurang dengan sendirinya..