Suzuki Batal Jual Jimny di Indonesia?

29 November 2016 - by

Jakarta, Otomania - Suzuki Jimny rencana awalnya akan diluncurkan pada kuartal kedua 2016. Namun, sampai akhir tahun ini wujud dari sport utility vehicle (SUV) kompak tersebut belum juga mengaspal di jalanan Indonesia.

Padahal, wujud aslinya pernah dipamerkan Suzuki di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada Agustus 2016. Lantas, peluncurannya jadi atau tidak?

Advertising
Advertising

Harold Donnel, Product Development Section Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menjelaskan, perusahaan melihat secara pasar ada, meski tidak besar. Namun, karena varian yang akan dibawa itu berpenggerak 4x4, maka harganya menjadi mahal.

"Jadi kita masih mempertimbangkannya, apakah Jimny ini cocok untuk kita luncurkan atau tidak," ucap Harold saat dihubungi Otomania, Senin (28/11/2016) malam.

Baca: Berapa Banderol yang Pas buat Suzuki Jimny?

Bahkan, lanjut Harold urusan perizinan dengan pemerintah juga masih banyak yang belum selesai. Sebab, statusnya akan di impor utuh dari Jepang.

"Terutama masalah pajak dan lain sebagainya. Semuanya perlu kita rekapitulasi ulang, jadi kami belum bisa memastikan jadi atau tidak dijual di Indonesia," ujar Harold.

Namun, dari sisi lain kata dia perusahaan tetap ingin memberikan produk berbeda. Tetapi, apa boleh dikata banyak faktor dan urusan yang belum selesai.

"Respon dari masyarakat ketika kita pamerkan cukup bagus. Tetapi, kita tidak bisa melihat dari sisi itu saja, banyak faktor yang menentukan," kata dia.

Penulis: Aditya Maulana

Editor: Azwar Ferdian
Copyright Kompas.com