Suzuki Ertiga Tenggelam karena Banjir, Ongkos Perbaikannya Segini

10 January 2020 - by

 Suzuki Ertiga (Foto: Uzone.id)

Uzone.id - Bengkel diler Suzuki Pasar Minggu juga turut menangani mobil yang menjadi korban banjir yang melanda sebagian kawasan Jakarta-Depok-Bogor-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek) pada 1 Januari 2020.

Di bengkel ini, kebanyakan mobil yang mendapat perbaikan adalah jenis Ertiga. Lama pengerjaan pun bervariasi, mulai 3 hari hingga paling lama bisa sampai 1 bulan lamanya.

Advertising
Advertising

Hal itu karena setiap mobil saat terendam banjir kondisinya berbeda. Ada yang cuma setinggi setengah ban, setengah bodi hingga sampai tenggelam.

Baca juga : Kolaborasi dengan Samsung, BMW Bakal Bikin SUV Listrik 5G Pertama di Dunia

"Kalo kelelep (tenggelap) lama sampai full (mobil tenggelam) kena dashboard 3 minggu sampai sebulan (perbaikan)," ucap Solihin selaku Service Advisor Suzuki Pasar Minggu PT Trimitra Sejahtera Mobilindo, Jakarta Selatan, saat berbincang dengan Uzone.id, baru-baru ini.

Namun, bengkel Suzuki Pasar Minggu saat disambangi Uzone.id sedang menangani mobil Suzuki yang terkena banjir dengan ketinggian hingga setengah bodi.

Baca juga: 10 Merek Mobil Terlaris, Antara Toyota, Nissan dan Wuling

Menurut Solihin, biaya yang dikeluarkan pemilik mobil sekitar Rp 2,5 juta untuk perbaikan ringan. Nah, paling banyak kena modul airbag yang letaknya di bawah transmisi dan pemilik mobil harus menyediakan biaya paling banyak Rp 4 jutaan.

Sebetulnya, kata Solihin, paling lama adalah membersihkan karpet mobil yang terkena banjir. Kalau masuk oven sih 1-2 jam bisa kering. Namun, kalau pake vakum bisa 2-3 hari baru bisa kering.

Diler Suzuki untuk kawasan Jabodetabek punya program khusus bagi pemilik mobil Suzuki yang terkena banjir, yakni towing, ganti oli dan filter gratis sampai 15 Januari.

VIDEO Test Drive Kia Rio