Suzuki XL7 vs Xpander Cross, 5 Perbandingan Sebelum Beli

21 February 2020 - by

Uzone.id - Segmen low SUV berbasis MPV semakin ramai setelah kemunculan Xpander Cross dan Suzuki XL7. Sebelumnya, sudah ada Honda BR-V.

Tapi dua model terbaru ini lah yang justru kembali memanaskan persaingan. Seperti apa perbandingan kedua low SUV berbasis MPV ini?

Simak 5 perbandingannya sebelum kalian memilih dan memutuskan untuk beli.

Dimensi dan Tampang

Advertising
Advertising

Secara dimensi, XL7 memiliki panjang 4.450 mm, lebar 1.775 mm dan tinggi 1.710 mm. Sementara ukuran fisik Xpander cross panjang 4.500 mm, lebar 1.800 mm dan tinggi 1.750 mm.

Xpander sedikit lebih panjang, lebih tinggi dan lebih lebar dari XL7. Dimensi ini bakal berefek pada space kabin dan juga performa mesin dan konsumsi bahan bakarnya.

Sementara urusan tampang, sebenernya soal selera. Suzuki berhasil ngebuat wajah depan XL7 berbeda jauh dari versi MPV Ertiga. Terlihat lebih berotot dan gahar, sementara bagian samping dan belkang, masih mirip versi MPV.

Sementara Xpander Cross, karena versi MPVnya aja sudah gahar khas SUV, Mitsubishi hanya perlu mempertegas detail desainnya agar semakin gahar. Sehingga, masih terlihat mirip versi MPV.

Ubahan dari versi MPV

Suzuki melakukan ubahan pada wajah Ertiga menjadi XL7. Menambahkan sejumlah bodikit mulai dari depan, samping, sampai belakang. Menambahkan over fender dan roof rail, juga membesarkan lingkar pelek menjadi 16 inci. Dengan begitu, ground clearencenya meningkat jadi 220 mm.

Suzuki juga mengklaim sudah merubah desain tangki bbm, setingan suspensinya, juga seting body control module (BCM) dan Electronic Control Module (ECU).

Begitu juga dengan Xpander Cross. Wajahnya berubah jadi lebih tegas kesan SUV. Menambahkan sejumlah bodikit pada sekujur tubuhnya, termasuk over fender dan roof rail. Dan membesarkan lingkar pelek jadi 17 inci. Ground clearencenya pun jadi 225 mm.

Suspensi Xpander Cross pun dibuat berbeda. Diameter per dibuat lebih besar dan travel suspensinya pun dipanjangkan, dan ngebuat bantingannya jadi lebih rigid agar tidak limbung.

 

Fitur

Di luar, kedua mobil ini sama-sama mengusung lampu LED di depan dan belakang. Spion lipat elektrik, juga keyless entry. Sementara di bagian kabin, ada layar sentuh yang terkoneksi smartphone, ada start stop engine, AC digital, power outlet, sampai arm rest.

Jok dan setir juga sama-sama sudah kulit. Plus, di setirnya, sama-sama banyak tombol-tombol pengaturan. Suzuki mengandalkan pengaturan audio dan bluetooth telefon tapi belum ada cruise control, sementara Xpander Cross sudah ada Bluetooth Telefon.

Satu lagi, Ertiga menambah gimmick dengan menghadirkan e-mirror, spion yang bisa menampilkan kamera belakang dan merekam tampilan di depan, dengan kualitas gambar yang jernih. Xpander Cross gak punya.

Sementara fitur keselamatan, sama-sama punya dual airbag, rem ABS, EBD, stability control dan hill start assist.

Mesin

XL7 menggunakan mesin yang sama dengan Ertiga, yakni K15B. Mesin berkapasitas 1.500 cc itu menghasilkan tenaga sebesar 104 hp dan torsi 138 Nm pada 4.400 rpm.

Sementara Xpander Cross menggunakan mesin 4A91, 1.5 liter MIVEC DOHC 16 Valve yang mampu memproduksi tenaga sebesar 105 hp dan torsi 141 Nm pada 4.000 rpm.

Diatas kertas, terlihat mesin Xpander Cross lebih bertenaga dan punya torsi lebih besar. Meski untuk realisasinya di jalanan, bergantung pada power to weight ratio masing-masing.

 

Harga dan Promo

Suzuki menawarkan XL7 dengan banderol Rp 230 juta sampai Rp 267 jutaan. Di beberapa diler, ada diskon sampai Rp 15 juta dan hadiah langsung iphone 11 128 GB. Selain itu, promo trade-in dapat cashback Rp 3,5 jutaan. dan Gratis jasa servis dan suku cadang sampai 50 ribu km.

Sedangkan Xpander Cross dibanderol Rp 270 juta sampai Rp 289 jutaan. Dan ada program pembiayaan bunga rendah 0% sampai dengan tenor 2 tahun atau gratis asuransi 2 tahun

Gratis kaca film Konica Minolta dan kaca film V-Kool. Special Trade-In Promo Program hingga Rp3,000,000, dan juga gratis biaya jasa hingga 50.000 km atau 4 tahun untuk seluruh varian.

Gratis Paket SMART GOLD untuk Perawatan/Servis Berkala hingga 50.000 km atau 4 tahun: Oli MMGO (sesuai dengan Service Manual Book), Chemical item: brake fluid, long life coolant, engine flush, brake cleaner Pengaplikasian water repellent dan asuransi kecelakaan diri untuk 1 tahun.

Secara harga, Suzuki XL7 lebih murah sekitar Rp 40 juta untuk tipe terendah dan Rp 20 jutaan untuk tipe tertinggi. Belum termasuk diskon dan bonus iPhone.

Nah, itulah 5 perbandingan Suzuki XL7 dan Xpander Cross. Kalian pilih yang mana? Sampaikan di kolom komentar ya.

VIDEO Komparasi Xpander Cross vs Suzuki XL7: