Tabung Oksigen Gencar Dicari, Malah Dijual Jutaan di E-commerce

05 July 2021 - by

Ilustrasi: Chris Slupski/Unsplash

Uzone.id -- Sering melihat teman-teman di Twitter, Instagram, atau bahkan WhatsApp ramai-ramai menanyakan ketersediaan tabung oksigen di tengah pandemi? Begitu banyak yang mencari, sampai rasanya barang satu ini terasa ‘langka’.

Advertising
Advertising

Tabung oksigen memang sedang dicari untuk kebutuhan medis dan kelangsungan pernafasan terdampak Covid-19, tapi sayangnya hal ini malah dimanfaatkan oleh oknum yang seakan tak punya hati untuk memasang harga selangit.

Banyak yang mengeluhkan hal ini di Twitter, bahwa tabung oksigen dijual lebih dari Rp1 juta.

Tim Uzone kemudian mencoba untuk mengecek beberapa situs e-commerce di Indonesia seperti Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee.

Dari pantauan Uzone, tabung oksigen yang dijual di Tokopedia harganya bisa mencapai Rp5 juta, bahkan Rp7 juta.

Harga tabung oksigen di Tokopedia. Foto: Uzone.id

Baca juga: Marak Penjualan Obat dengan Harga Tak Wajar, Tokopedia Siap Blokir

Sedangkan di Shopee, ada beberapa produk tabung oksigen yang dijual mencapai Rp4 jutaan, Rp2 jutaan. Tak lupa hal yang bikin miris adalah tabung oksigen portabel yang biasa dibanderol Rp50 ribu, kini harganya melambung berkali-kali lipat menjadi Rp200 ribuan, Rp300 ribu.

Harga tabung oksigen di Shopee. Foto: Uzone.id
Harga tabung oksigen portabel di Shopee. Foto: Uzone.id

Pun begitu dengan Bukalapak yang memiliki beberapa penjual yang menjual tabung oksigen dari Rp2 jutaan sampai Rp4 jutaan, serta tabung oksigen portabel yang mencapai Rp200 ribu.

Harga tabung oksigen di Bukalapak. Foto: Uzone.id
Harga tabung oksigen di Bukalapak. Foto: Uzone.id

Seperti yang diketahui, saking daruratnya, Pemprov DKI Jakarta sampai membuka posko isi ulang tabung oksigen di kawasan Monas, Jakarta Pusat yang diperuntukkan bagi rumah sakit yang ingin mengambil stok oksigen.

Bekerja sama dengan PT Krakatau Steel, tabung oksigen yang kosong nantinya akan dibawa ke Cilegon, Banten untuk diisi ulang. Krakatau Steel sendiri kabarnya akan mengalokasikan 300 tabung berukuran 6 m3 setiap hari.